Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah Qurban.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Tuesday, 27 January 2015

Kue Bikang Mawar Khas Blora, Rasanya Meletup-letup di Lidah



Blora, Harianblora.com - Kue Bikang Mawar khas Blora, rasanya meletup-letup di lidah. Kue ini sudah dikenal dan menjadi favorit bagi masyarakat Blora dan umumnya di Jawa Tengah bahkan Indonesia. Biasanya, kue ini hadir di tengah acara hajatan, mantenan, resepsi dan sebagainya.

Saat ini, kue bikang juga dijual bebas di tokot-toko kue. Namun bagi warga Blora, kue ini cukup disebut "bikang" saja tanpada embel-emble kue. Ia hadir di setiap acara tradisional dan upacara adat.

Dinamakan bikang, karena saat memasaknya ia membuka, atau dalam bahasa Blora disebut mekrok atau membikang. Maka kue ini disebut kue bikang.

Tak hanya polos, biasanya bikang diberi warna ungu, ping, merah, hijau dan sebagainya. Pilihan warna bergantung selera dan itu semua bergantung yang membuatnya.

Makanan unik khas Blora ini, terbuat atas beberapa komposisi. Yaitu meliputi tepung beras, bisa beras biasa atau rose brand, kemudian tepung terigu, gula pasir, santan, tepung kanji, garam, daun pandan dan sebagainya. Bagi sebagian masyarakat Blora, pembuatan kue bikang juga diberi buah Nangka.

Mengapa Nangka? Kalau diberi Nangka, tak perlu diberi daun pandan. Hal itu sudah dilakukan masyarakat Blora yang biasa dilakukan saat momentun acara hajatan. (Red-HB18/Foto: Harianblora.com).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Kue Bikang Mawar Khas Blora, Rasanya Meletup-letup di Lidah Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora