Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah Qurban.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Friday, 30 January 2015

Pelantikan Panwas Kabupaten Blora Tunggu Tahapan KPU



Semarang, Harianblora.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah telah menyiapkan 48 Calon Anggota Panwas Kabupaten/Kota terpilih yang siap dilantik. Maka pelantikan Panwas Kabupaten Blora menunggu tahapan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Mereka disiapkan untuk menjalankan tugasnya dan mengawal pelaksanaan Pilkada di wilayahnya masing-masing pada tahun 2015 ini.

Sebanyak 48 Calon Anggota Panwas terpilih antara lain untuk masing-masing daerah sebanyak 3 orang yaitu dari Kabupaten Blora, Kota Semarang, Kabupaten Rembang, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Purbalingga, Kota Surakarta. Juga dari Kabupaten Boyolali, Kota Pekalongan, Kabupaten Kendal, Kota Magelang, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Semarang, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Wonogiri serta Kabupaten Klaten.

Tak hanya itu, seperti yang dilansri Bawaslu Jateng pada Rabu (29/1/2015), anggaran juga sudah disiapkan masing-masing pemerintah Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan penyelenggaaraan Pilkada untuk memilih Bupati atau Walikota. Hal itu diungkapkan Koordinator Divisi Pengawasan dan Humas Bawaslu Jateng Teguh Purnomo.

Hal itu diungkapkannya sehari setelah bersama-sama Ketua Bawaslu Jateng Abhan dan Pimpinan Bawaslu Jateng Juhanah melaporkan kesiapan Bawaslu Jateng untuk melakukan pengawasan tahapan dan melakukan pelantikan Panwas Kabupaten Kota di Jawa Tengah kepada Bawaslu RI di Jakarta.

Menurut Teguh, dari data yang ia kumpulkan dari 16 kabupaten/kota yang ada, dana yang telah tersedia sebanyak Rp.46.687.518.500 “Dari data yang kami inventarisir dari 16 Kabupaten/Kota yang ada, dana yang telah tersedia sejumlah Rp.46.687.518.500,” katanya.

Teguh yang juga Mantan Ketua KPU Kabupaten Kebumen tersebut mengatakan dana itu belum sepenuhnya mencukupi. Sebab, ada beberapa pemerintah daaerah yang saat itu masih ragu apakah pemilihan akan dilaksanakan secara langsung atau melalui DPRD setempat, maupun terkait dengan Pengawas TPS yang keberadaannya di tiap-tiap TPS dan merupakaan hal yang baru.

Berkaitan dengan masalah pelantikan, bagi Panwas Kabupaten/Kota terpilih, menurut Teguh dari hasil konsultasi di Bawaslu RI masih harus menunggu tahapan disahkan dalam Peraturan KPU RI. “Sehingga harus menunggu itu,” paparnya. (Red-HB10/Foto: Bawaslu Jateng).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Pelantikan Panwas Kabupaten Blora Tunggu Tahapan KPU Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora