Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah Qurban.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Saturday, 31 January 2015

Sosok: Siswanto Kancil, Pelatih PSS Sleman yang Kondang asal Cepu Kabupaten Blora



Siapa sangka Kabupaten Blora memiliki tokoh-tokoh yang menginspirasi. Salah satunya Siswanto Kancil, pelatih PSS Sleman yang kondang asal Cepu Kabupaten Blora. Nama Kancil sendiri adalah sapaan suporter sepak bola yang disematkan pada Siswanto. Nama itu ia sandang ketika aktif di sepak bolah Jawa Tengah sekitar tahun 1980an, terutama saat ia membela Tidar Sakti Magelang.

Siswanto atau Kancil saat di lapangan
Track record si Kancil ini dalam dunia pelatih sepak bola memang dikenal baru. Namun, Siswanto asal Kota Minyak Blora ini justru memiliki prestasi gemilang. Sebab, ia mampu menghidupkan tim sepak bola yang bisa dikatakan “gurem”.

Tahun 2010-2012, Siswanto menangani Persekabpur Purworejo lolos ke Divisi Satu Liga Indonesia atau saat ini sudah menjadi Liga Nusantara pada tahun 2012. Kemudian, ia juga pernah membawa Persikaba bertahan di Liga Nusantara.

Ia sendiri mengakui, nama Kancil didapat karena ia saat main sepak bola dengan gaya lari yang kencang dan sulit ditangkap lawan. “Saya memang suka berlari kencang saat menjadi pemain. Pernah saya berlari sejauh 35 km selama dua kali. Karena waktu itu masih sore dan masih belum mengeluarkan keringat,” ujar Siswanto seperti yang dilansir Harianblora.com, Sabtu (31/1/2015).

Nama Kancil, juga telah disetujui oleh direksi PT Putra Sleman Sembada (PSS) setelah disodorkan oleh manajemen. Jadi nama tersebut tidak mengganggu proses dan eksistensinya, namun justru menjadi karakter dan ciri khas Siswanto.

Pelatih yang kini menginjak di usia 52 ini dikenal tegas. Dengan gaya bertopi saat di lapangan menjadi ciri khas si Kancil.  Selain suka pemain muda, si Kancil pelatiah kelahiran Cepu ini juga dikenal karakter Jawa Timur yang agak keras dan ngotot.

Bahkan, ia ingin menjadikan PSS Sleman yang keras dan ngotot. “Saya ingin membentuk PSS Sleman yang memiliki karakter keras dan ngotot. Sebab, sebelumnya saya melihat karakter PSS Sleman lebih taktis dan stylish serta jauh dari dari kata keras. Sehingga sangat sulit kalau berhadapan dengan tim dari Jawa Timur,” bebernya.

Meskipun sempat mendapat protes dan kritik dari suporter, ia tetap mendapat dukungan. Sebab, melalui visi dan misi yang kuat ia ingin membentuk PSS Sleman berkarakter. 

Siswanto atau Kancil ini merupakan salah satu tokon inspiratif dari Cepu Kabupaten Blora yang bisa menginspirasi insan-insan muda Blora dan umumnya di Jawa Tengah. (Laporan Khusus Redaksi Harianblora.com/Foto: Star Jogja).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Sosok: Siswanto Kancil, Pelatih PSS Sleman yang Kondang asal Cepu Kabupaten Blora Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora