Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah Qurban.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Thursday, 29 January 2015

Ribuan Nelayan Rembang Demo Tuntut Menteri Susi Pudjiastuti Mundur dari Jabatannya



Rembang, Harianblora.com - Ribuan Nelayan Rembang demo tuntut Menteri Susi Pudjiastuti mundur dari jabatannya. Demo tersebut dilakukan di Gedung DPRD Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Rabu (28/1/2014) yang sempat membuat macet jalan raya. Para nelayan tersebut, menentang keras kebijakan yang dikeluarkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang melarang penggunaan alat tangkap pukat hela dan pukat tarik.

Ribuan nelayan tersebut, datang dari berbagai daerah di Kabupaten Rembang dan berjalan menggeruduk kantor DPRD Rembang.
 
Dari pantauan Harianblora.com, aksi juga tak hanya dilakukan di Rembang, namun aksi serupa juga dilakukan di Juwana, Pati, yang sempat membuat jalan Pantura Timur macet total.

Selain membawa poster dan spanduk, para nelayan juga lantang meneriakkan penurunan Menteri Susi. Poster yang mereka bawa tersebut bertuliskan tuntutan pencabutan larangan penggunaan pukat dan pukat tarik. Tak hanya poster dan spanduk, para nelayan di Rembang tersebut juga membawa boneka pocong bertuliskan Susi. Boneka pocong itu diinjak-injak.

Koordinator Komunitas Nelayan Jateng, Hadi Sutrisno mengatakan kebijakan yang dikeluarkan oleh Menteri Susi sangat menyiksa nelayan. "Dengan munculnya pelarangan ini cukup menyulitkan para nelayan, seharusnya pelarangan juga diikuti dengan pemberian solusi," ujarnya.

Salah seorang nelayan, Kusmadi (34) mengaku sangat kecewa terhadap kebijakan Menteri Susi. “Kami nelayan Rembang sangat tersiksa jika kebijakan itu diterapkan,” ujarnya kepada Harianblora.com, Rabu (28/1/2015). Kusmadi mengaku hidup nelayan di Rembang sangat pas-pasan, apalagi kemarin baru saja dipermainkan oleh kebijakan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang membuat galau para nelayan. 

Demo yang diikuti ribuan Nelayan Rembang itu, sempat membuat arus lalu lintas sekitar Gedung DPRD Rembang tersendat hingga beberapa kilometer. “Meskipun macet kayak gini, semangat kami untuk meminta Menteri Susi turun tak akan padam,” tegasnya.

Tak hanya Kusmadi, nelayan asal Lasem, Agus (42) mengaku ikut demo karena kebijakan Menteri Susi sangat merugikan nelayan. “Kalau ini diterapkan, bisa-bisa nelayan Rembang akan kelaparan,” tukasnya.

Kami berharap, katanya, kalau Susi tak bisa mengkaji lagi kebijakan itu, lebih baik ia mundur saja. “Kalau tak bisa jadi menteri, jangan susahkan nelayan kecil seperti kami,” paparnya. (Red-HB40/Foto: Hasan).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Ribuan Nelayan Rembang Demo Tuntut Menteri Susi Pudjiastuti Mundur dari Jabatannya Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora