Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Thursday, 22 January 2015

Legenda Gunung Kemukus



Judul Buku: Legenda Gunung Kemukus
Penulis: Soesilo Toer
Penerbit: Pataba Press
Dicetak: Cahaya
Tebal: 34 Halaman
Tahun Terbit: 18 Juli 2010


Buku karya Soesilo Toer ini adalah salah satu bentuk replika sejarah Gunung Kemukus. Menarik dibaca dan tentu memberi informasi dan referensi baru dalam ilmu sastra dan juga karya sastra.

Alkisah ini masih berkaitan dengan legenda “Puteri Sedang Wungu”, bahkan bisa dikatakan sebagai kelanjutannya. Seperti diceritakan sebelumnya, ketika Jawa dan Nusantara pada umumnya. Ayam jantan sakti yang bisa berbicara, yang merupakan ibu kandung dari Ular Baru Klinting atau Ular Jaka Linglung, sesudah mematuk naga kecil yang baru keluar dari rahim Mbok Rondo.

Ia sedang bertapa dan menebus dosa di sendang, kemudian ia terbang tinggi ke angkasa, bahkan ke langit untuk menghindari bencana yang sedang berlangsung.(Hal. 1). Buku ini, sangat memberi informasi yang berbasis imajinasi seputar Gunung Kemukus.

Selanjutnya, pada halaman 5 dijelaskan dengan judul “Ayam Jago dan Naga Kecil” yang mengajak pembaca lenih detail memahami Puteri Sendang Wungu.

Meskipun tipis, buku ini memberi penjelasan kondisi Gunung Kemukus dari berbagai perspektif. Yang paling membuat pembaca betah menyusuri buku ini adalah beberapa kisah yang tidak bisa dicerna secara akal sehat di Gunung Kemukus.

Anda bisa mendapatkan buku ini langsung kepada penulisnya, yaitu Pak Soesilo Toer di rumahnya.
Diresensi Redaksi Harianblora.com.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Legenda Gunung Kemukus Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora