Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah Qurban.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Thursday, 8 January 2015

Mahasiswa Blora Diharapkan Kawal Pilkada Blora 2015



Salah satu Pilkada di TPS saat menghitung suara.
Blora, Harianblora.com – Mahasiswa Blora diharapkan kawal Pilkada Blora 2015 yang akan digelar tahun ini, khususnya bagi mereka yang bergerak di dunia aktivis. Saat ini, banyak mahasiswa asal Blora yang aktif di organisasi seperti organisasi Karang Taruna, IPNU-IPPNU, Pemuda Muhammadiyah, aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), juga Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM). Hal itu diungkapkan Muhammad Bayanul Lail, Presidium Lingkar Studi Mahasiswa (Lisuma) Jawa Tengah saat menggelar diskusi bertajuk “Menggugat Peran Aktivis” bersama Lisuma Cabang Kabupaten Blora.

Nanti, katanya, kita akan membuat Badan Koordinasi Pilkada (BKP) per kabupaten/kota yang sebentar lagi menggelar Pilkada. Seperti kita ketahui, ada 16 kabupaten/kota yang pada tahun 2015 ini akan menggelar Pilkada, salah satunya adalah Blora.

Sebagai aktivis mahasiswa, saya tak pernah mengartikan bahwa reformasi sudah berhenti, katanya, namun, selama bangsa ini masih berada dilanda lautan masalah, sudah seharusnya mahasiswa mendentumkan reformasi dan revolusi dalam berbagai hal. “Blora saya bisa dikawal para mahasiswa dan aktivisnya, entah berupa advokasi, audiensi sampai aksi,” ujarnya, Kamis (8/1/2015).

Senada dengan hal itu, Ahmad Fauzin, salah satu aktivis Lisuma Cabang Blora mengungkan peran mahasiswa sangat sentral untuk mengawal Pilkada Blora. “Berperan aktif itu sudah keniscayaan bagi aktivis. Maka dari itu, di tahun 2015 ini, mahasiswa Blora harus menunjukkan taringnya,” ujar pria kelahiran Blora tersebut.

Dalam konteks ini, Fauzin menilai, mahasiswa Blora bisa melakukan beberapa gerakan, dari mengawal proses Pilkada, advokasi masyarakat, demonstrasi, serta pemberantasan money politics.

Artinya, lanjutnya, selama problem Blora masih merajalela, mahasiswa Blora harus melakukan reformasi dan revolusi dengan tindakan nyata dan bukan sekadar berteori dan berwacana. Memang benar, tugas mahasiswa adalah belajar, namun mereka harus melakukan gerakan untuk umat. Pasalnya, mahasiswa menyandang gelar agen of social change yang mengemban misi mewujudkan masyarakat adil makmur,” jelasnya.

Jadi, mahasiswa harus melakukan gerakan nyata untuk bangsa ini, tuturnya, tanpa banyak teori dan wacana, karena hal itu merupakan kewajiban mereka.

Ia berharap, semua elemen nanti bersinergi untuk mengawal proses Pilkada di 16 kabupaten/kota di Jawa Tengah, khususnya di Kabupaten Blora sendiri. (Red-HB20/Foto: Harianblora.com). Baca juga: Masa Jabatan Bupati Blora Selesai pada 11 Agustus 2015, Sementara akan Dipimpin Pj bukan Plt.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Mahasiswa Blora Diharapkan Kawal Pilkada Blora 2015 Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora