Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Thursday, 8 January 2015

Membongkar Misteri Penampakan Pocong di Malam Jumat



Anda masih takut dengan hantu pocong? Kita kita membongkar misteri penampakan pocong di malam Jumat. Secara bahasa, pocong adalah sesuatu yang dibungkus seperti lontong. Namun orang Jawa dan Sumatera di Indonesia, memaknai pocong sebagai hantu yang seperti guling, berbaju kain kafan.

Penjelasan pocong sangat beragam. Ada yang berpendapat ia berbaju putih lusuh, karena arwahnya penasaran maka ia bergentayangan. Ada juga yang mengatakan pocong adalah jenis hantu yang ketika dikubur, tali kain kafan pada kepala tidak dilepas. Dari beberapa literatur, pocong juga disebut hantu yang berbaju kain kafan dengan mata kosong dan wajahnya hijau kehitam-hitaman.

Di Jawa, pocong juga diyakini sebagai hantu yang memiliki wajah rata, lubang matanya berongga, dan tertutup kapas dengan wajah yang menyeramkan bagi siapa saja yang melihatnya. Dalam mitologi Jawa, pocong diyakini sebagai hantu yang bergentayangan, menggoda manusia, karena ia memprotes lantaran tali pocongnya saat dikubur tidak lepas.

Di film-film Indonesia, pocong digambarkan melompat-lompat. Namun dalam mitologi Jawa, justru pocong digambarkan melayang-layang dan kakinya tidak menempel di tanah. Masyarakat banyak yang menjumpai dari berbagai kalangan. Entah dilihat secara detail atau hanya sebagian.

Pocong, adalah jenis hantu yang hanya diyakini dan dimitoskan di Indonesia saja, khususnya di Jawa dan Sumatera. Pasalnya, di agama lain dan negara lain jarang yang meyakini dan memitoskan hantu ini. Saking menakutkannya, di Indonesia sudah ada beberapa film yang menggambarkan pocong, yaitu Pocong (2005) meskipun tidak lolos sensor BSF, Pocong 2 (2006), Pocong 3 (2007). The Real Pocong (2009), 40 Hari Bangkitnya Pocong, Sumpah (ini) Pocong dan yang paling baru adalah Pocong Keliling.

Menurut beberapa pendapat, pocong memang benar adanya. Salah satu yang membenarkan adalah warga Blora, yaitu Agus Suhendi (38). Ia mengaku, pernah melihat hantu pocong di kuburan. “Saat itu saya lewat di kuburan dekat desa saya, pas jam 1 malam karena habis dari Pak De saya yang sedang punya gawe. Ia hanya berdiam diri di pohon pisang. Tanpa habis pikir, saya langsung kabur,” ujarnya kepada Harianblora.com.

Kejadian itu dialami Agus sekitar tahun 2008 bulan Februari. “Saya masih ingat, saat itu masih musim hujan, dan gerimis. Kata orang Jawa, setan itu keluarnya ya jam 11 malam sampai jam 3 pagi,” tuturnya. Pas saya lewat di depan kuburan, lanjutnya, saya melihat sosok putih agak kecokelatan dengan mata melotot yang kapasnya masih ada,” jelasnya.

Hal itu juga dialami Indah Nur Janah, salah satu warga Blora. Ia pernah melihat pocong saat ia masih usia SMP. “Saat pulang sore-sore dari TPQ, saya melihat pocong di hutan dekat rumah saya,” katanya.

Entah benar atau tidak, atau bahkan hanya menjadi mitos, namun sudah banyak orang ditemui pocong. Yang jelas, sebagai manusia yang beriman, kita tentu harus meyakini jika makhluk halus, malaikat, jin, setan, pocong, itu benar adanya. (Laporan Khusus Redaksi Harianblora.com/Foto: Harianblora.com).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Membongkar Misteri Penampakan Pocong di Malam Jumat Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora