Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Sunday, 18 January 2015

Petani Tinapan Todanan Blora Dirugikan PT GMM

Todanan, Harianblora.com - Petani Tinapan Todanan Blora dirugikan PT. Gendhis Multi Manis (PT GMM). Tak lama ini, para petani sudah melayangkan surat kepada pihak PT karena sudah menyerobot saluran air milik warga yang sehari-hari digunakan untuk aktivitas pertanian, namun justru digunakan PT GMM tersebut.
 
Salah satu aktivitas produksi PT GMM
Para petani sebal, akhirnya melayangkan surat desakan penghentian. Di dalam surat petani itu, PT GMM dinilai telah menciderai, merugikan para petani pengguna air irigasi. Banyak dampak negatif dan kerugian petani, di antaranya adalah sebagai berikut air irigasi yang seharusnya mengalir sampai ke sawah milik warga, sekarang sering mati/kering akibat dialirkan ke Embung milik PT. GMM.

Dalam surat tersebut, Zaenul Arifin Ketua Badan Perwakilan Desa (BPD) Desa Tinapan, Todanan, Blora menjelaskan saat ini petani di sana harus beli air sedotan dari mesin pemompa untuk mengisi sawahnya. Kurang lebih perjam adalah Rp 50 ribu. "Dan yang tidak mampu membeli air, maka benih padi yang telah ditanamnya akan mati . Bahkan tanggul irigasi yang semula dapat digunakan untuk jalur perlintasan petani dan area mencari rumput bagi petani untuk pakan ternak, sekarang tidak lagi bisa” katanya seperti yang tertulis di dalam surat.
 
Akibat hal tersebut, masyarakat petani pemakai air irigasi Desa Tinapan, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah bermaksud meminta agar PT GMM tidak melakukan tindakan yang dapat menciderai dan merugikan petani. Maka kami mohon, lanjut Zaenul, agar PT GMM berkenan untuk. "Membongkar pagar yang dibuat PT GMM di atas tanggul dan saluran irigasi pertanian dan Tidak menggunakan air irigasi pertanian untuk mengairi embung atau untuk kegiatan industri gula PT GMM” jelasnya. 

Saat dikonfirmasi, pihak PT GMM sangat cuek. Kamadjaya selaku Presiden Direktur PT GMM belum memberikan keterangan yang jelas. "Terkait masalah itu, coba anda datang langsung ke lokasi dan foto aja,  serta wawancara warga sekitar," katanya dengan singkat.
 
Para warga memang resah akibat ulah PT GMM yang menyerobot air milik warga tersebut. Petani menilai, air itu seharusnya untuk aktivitas para petani, bukan kepentingan produksi pabrik. (Red-HB24/Foto: Harianblora.com). Baca Juga: Petani Todanan Blora Minta Saluran Irigasi PT GMM Dibongkar Karena Srobot Milik Warga.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Petani Tinapan Todanan Blora Dirugikan PT GMM Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora