Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Saturday, 24 January 2015

Badan Lingkungan Hidup Jateng Blusukan Tangani Limbah Trembes Kunduran Blora



Grobogan, Harianblora.com Badan Lingkungan Hidup (BLH) Jateng blusukan tangani limbah Dusun Trembes, Desa Botoreco, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora. Tim BLH Jateng telah mengambil contoh limbah di titik pengeboran dan beberapa lokasi lahan sawah milik warga Desa Bendoharjo, Kalipang, Sengonwetan, Banjarejo, dan Kalirejo Kabupaten Grobogan pada hari Sabtu (24/01/2015).

Mengenai hal itu, Purwantoro selaku Kabid Pengendalian Kerusakan dan Pencemaran Lingkungan BLH Kabupaten Grobogan menyayangkan pengambilan sampel tersebut. Sebab, hal itu dilakukan setelah kondisi turun hujan.

“Sayangnya, pengambilan sampel limbah dilakukan setelah turun hujan, sehingga kadar minyak yang terkandung dalam limbah tidak sama ketika limbah tersebut mematikan tanaman padi dan hewan pada musim kemarau lalu,” ujarnya.

Priyo Utomo Kades Sengonwetan telah mengatakan bahwa sejak 1,5 tahun yang lalu, seluas ribuan hektare tanaman padi dan palawija milik ribuan warga lima desa di Grobogan mati. Sebab, tercemar limbah hasil pengeboran minyak yang dilakukan PT Sarana Patra Jateng (SPJ) di Dusun Trembes, Desa Botoreco, Kecamatan Kunduran, Blora. 

Selain itu, banyak binatang ternak milik warga juga keracunan. Hewan-hewan tersebut meliputi sapi, ayam, kambing akibat minumannya tercemar oleh limbah dari pembuangan hasil pengeboran minyak PT SPJ.

Sebelumnya, Pemkab Grobogan dan Pemkab Blora juga telah membentuk tim investigasi untuk penanganan limbah yang mamatikan tanaman pangan dan hewan warga. Warga menilai, PT SPJ yang berada di Dusun Trembes, Desa Botoreco, Kecamatan Kunduran, Blora ini dinilai merugikan warga, bahkan merugikan di di Grobogan. (Red-HB13/Foto: Tas). 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Badan Lingkungan Hidup Jateng Blusukan Tangani Limbah Trembes Kunduran Blora Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora