Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Wednesday, 21 January 2015

Getuk Singkong, Makanan Khas yang Masih Digemari Warga Blora



Blora, Harianblora.com – Getuk Singkong, makanan khas yang masih digemari warga Blora. Getuk atau ada yang menyebutnya gethuk merupakan salah satu makanan yang bahan utamanya adalah ketala, singkong atau orang Blora sering menyebutnya “telo”.

Selain di Blora dan Jawa Tengah, getuk juga banyak ditemukan di Jawa Timur. Cara menemukan getuk di Blora sangat mudah, bisa ditemukan di pusat-pusat jajanan khas Blora dan juga pasar tradisional.

Cara membuat getuk pun sangat mudah. Mulai dari mengupas ketela, memasak dan memberinya kelapa, bisa juga diberi gula Jawa. Seperti dalam lagu campursari yang ditenarkan oleh Nurafni Octavia. Makanan khas Jawa ini meskipun di tengan globalisasi masih digemari warga Blora.

Getuk juga bermacam-macam, tidak hanya dari singkong. Ada yang dari ubi, talas dan juga getuk pisang. Saat ini, getuk tidak hanya dikukus, namun juga digoreng, dibakar. Jadi seiring berkembangnya zaman, getuk pun mulai bermacam-macam jenisnya. Jika Anda ingin menikmati getuk, kalau tidak bisa masak, beli lah di pasar-pasar tradisional terdekat. (Red-HB9/Foto: Harianblora.com).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Getuk Singkong, Makanan Khas yang Masih Digemari Warga Blora Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora