Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Friday, 2 January 2015

Haul Mbah Brojo Seti Singo Barong Digelar 1 Januari 2015 sampai 5 Januari 2015

Dukuhseti, Harianblora.com - Haul Mbah Brojo Seti Singo Barong Segera Digelar pada 1 Januari 2015 sampai 5 Januari 2015. Mbah Brojo Seti Singo Barong merupakan pendiri Desa Dukuhseti, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati. Beliau adalah murid dari KH Ahmad Mutamakin Kajen yang sangat terkenal di Jawa Tengah, terutama di sekitar Pantura, melipuri Pati, Rembang, Kudus, Demak, Semarang juga Blora.

Ngalimun, S.Pd.I Ketua Pengurus Makam Mbah Brojo Seti Singo Barong mengatakan pada haul tahun 2015, akan digelar beberapa agenda. "Ketua Panitia Haul adalah Shofwan, S.Pd.I dan Sekretarisnya Arif Siswanto, S.PSi," ujarnya kepada Harianblora.com, Kamis (1/1/2015).

Perangkat Desa Dukuhseti ini juga mengatakan, sejarah perjuangan Mbah Brojo Seti Singo Barong tak lepas dari perlawanan terhadap penjajah. Menurut Ngalimun, dulu lokasi Kantor Kecamatan Dukuhseti berada di Desa Dukuhseti, tepatnya di perempatan Tanggul Dukuhseti. "Namun pada zaman Belanda, berhasil dipindah di Alasdawa," jelasnya.

Sesuai lansiran dari Panitia, inilah jadwal Haul Mbah Brojo Seti Singo Barong. Kamis 1 Januari 2015, kerja bakti panitia, manaqiban dari pukul 08.00 Wib sampai 19.00 Wib. Jumat 2 Januari 2015, tahtimul quran bingaib oleh para hafiz penghafal quran se Dukuhseti, tahtimul quran binnadhor oleh masyarakat Dukuhseti dan Burdahan oleh Jamaan Pasrah Dukuhseti.

Sabtu 3 Januari 2015, tahlil siswa-siswi, TPQ oleh siswa-siswi SD, MI, MTs, SMP, SMK serta santriwan-santriwati se Dukuhseti pukul 08.00 Wib sampai 12.00 Wib. Kemudian tahlil umum Fatayat, Muslimat se Dukuhseti yang dikoordinasi oleh Muslimat Ranting Dukuhseti pukul 13.00 Wib sampai selesai. Selanjutnya burdahan Banser oleh Banser se Dukuhseti pukul 19.00 Wib sampai selesai.

Pada Minggu 4 Januari 2015, digelar Pengajian Umum pukul 13.00 Wib yang diisi KH. Adnan Kasogi, S.Pd.I dari Kudus yang bertempat di Makam Mbah Brojo Seti Singo Barong. Pada pukul 20.00 Wib dilanjutkan terbangan oleh masyarat se Dukuhseti di Makam Mbah Brojo Seti Singo Barong.

Acara puncak, pada Senin 5 Januari 2015 yaitu Karnaval/Drum Band sebanyak kurang lebih 33 grup Drum Band dan masyarakat desa Dukuhseti dari Jl. Spande Dukuhseti sampai Brak Kembar Kembang mulai Pukul 13.00 Wib sampai selesai. (Red-HB21/Foto: Harianblora.com).

Baca juga : Budaya Khas Pati, Ngembun di Pantai Bisa Mengusir Segala Macam Penyakit
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Haul Mbah Brojo Seti Singo Barong Digelar 1 Januari 2015 sampai 5 Januari 2015 Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora