Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Monday, 5 January 2015

Jurusan PGSD Lebih Diminati Mahasiswa Asal Blora



Salah satu kegiatan mahasiswa PGSD.
Semarang, Harianblora.com – Sejak tahun 2009, jurusan PGSD lebih diminati mahasiswa asal Blora dan beberapa derah lain, seperti Pati, Rembang, Kudus, Demak dan Semarang. Selama ini sudah banyak pelajar asal Blora yang menjadi mahasiswa PGSD di berbagai perguruan tinggi, seperti PGSD di Jawa Tengah.

Pada SNMPTN 2014, pendaftar prodi PGSD sangat tinggi. Di antara puluhan prodi di Perguruan Tinggi Negeri/PTN, prodi PGSD masuk deretan 10 prodi paling diminati dan menjadi primadonan. PGSD menempati peringkat keempat jurusan paling diminati dengan 81.181 pendaftar. Dari 10 jurusan itu, PGSD menempati peringkat tertinggi jika dibandingkan dengan jurusan pendidikan guru lainnya.


Sedangkan data Panlok 42 Semarang Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SBMPTN) 2014 menyatakan peminat tertinggi terjadi pada prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang mencapai  3.396 orang. Padahal, kuota yang disediakan untuk jalur tes tertulis hanya 112.


Mereka kuliah jurusan PGSD karena dinilai seleksi CPNS formasi guru SD sangat banyak. Mereka kuliah di beberapa kampus yang ada jurusan atau program studi PGSD, seperti PGSD Unnes, PGSD UPGRI Semarang, PGSD Undaris Semarang, PGSD Unissula Semarang, PGSD UMK Kudus, PGSD UKSW Salatiga, PGSD IKIP PGRI Madiun, PGSD UNS, PGSD UNY dan sebagainya.


Selaku lulusan PGSD, Dian Marta Wijayanti, sarjana kelahiran Blora, mengaku sejak ia kuliah tahun 2009 sudah banyak mahasiswa asal Blora yang memilih jurusan PGSD. “Banyak teman saya yang sudah menjadi PNS maupun CPNS. Tahun ini saja, banyak teman-teman alumni PGSD diterima di berbagai seleksi CPNS, seperti di Kota Semarang, Blora, Kabupaten Kudus, Pati dan sebagainya,” ujarnya kepada Harianblora.com, Senin (5/1/2015). Ia mengaku, tidak hanya pemuda yang orang tuanya guru, namun jurusan PGSD saat ini menjadi primadona berbagai kalangan.


Rata-rata, seleksi CPNS formasi umum paling banyak adalah guru SD. Di Kabupaten Blora, tahun 2014 kemarin ada 16 formasi guru SD. Sedangkan formasi lain hanya 10 ke bawah, bahkan ada yang hanya 1 formasi. “Inilah penyebab membludaknya mahasiswa PGSD. Di Semarang sendiri, banyak sekali mahasiswa PGSD asal Blora, bahkan membuat persatuan sendiri,” ujar penulis buku Siapkah Saya Menjadi Guru SD Revolusioner tersebut.


Menjadi PNS, menurut alumni SMA Negeri 1 Blora tersebut masih menjadi parameter kesuksesan masyarakat Blora. “Saya yakin, sebentar lagi akan ada jurusan PGSD berdiri di Blora selain PGSD Universitas Terbuka,” papar Asesor USAID Prioritas Jateng itu. Kalau sudah diterima CPNS di daerah selain Blora, katanya, meskipun ia kelahiran Blora akan ditekati hijrah. “Saya sendiri menetap di Semarang karena ditugaskan di Kota Semarang,” jelasnya.


Dian berharap, semakin banyaknya peminat jurusan PGSD, harus diimbangi dengan perbaikan sistem pendidikan di LPTK. “Boleh membuka jurusan atau prodi PGSD, namun antara input dan output harus imbang. Pasalnya tidak mungkin semua lulusan PGSD jadi PNS semua, apalagi Blora hanya membuka sekitar kurang lebih 20 an PNS guru SD pertahun,” terangnya.


Daya tarik peminat jurusan PGSD semakin tinggi karena masa depan guru SD dianggap menjanjikan. Apalagi daya tarik menjadi PNS, jaminan pensiun dan sertifikasi masih menjadi motivasi mahasiswa memilih jurusan tersebut.

Terpisah, Jefrey Oxianus Sabarua, Ketua Program Studi PGSD Universitas Halmahera, menilai peminat jurusan PGSD sejak munculnya UUGD tahun 2005 sangat lah tinggi. "Dulu, guru SD cukup DII PGSD, namun karena UUGD tersebut, semua guru SD atau MI harus minimal lulusan S1 PGSD," ujarnya.

Dosen muda tersebut juga menilai, peminat yang semakin tinggi harus menjadikan para mahasiswa aktif dalam mencari pekerjaan. "Semua yang kuliah di prodi atau jurusan PGSD harus kreatif, tidak mengandalkan ijazah saja," jelasnya. (Red-HB20/Foto: Harianblora.com).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Jurusan PGSD Lebih Diminati Mahasiswa Asal Blora Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora