Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah Qurban.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Friday, 16 January 2015

Kabupaten Blora Diprediksi Mengalami Hujan Ringan

Semarang, Harianblora.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan wilayah utara Jawa Tengah berpotensi mengalami hujan lebat dalam tiga hari ke depan. Namun, khusus untuk Kabupaten Blora dan 9 kabupaten lain diprediksi hujan ringan.

Menurut BMKG, Jumat (16/1/2015), sebanyak 9 kabupaten lain tersebut meliputi Cilacap, Purwokerto, Purwodadi, Rembang, Batang, Pemalang dan Brebes. Blora dan 9 kabupaten tersebut selama beberapa hari ke depan hanya berpotensi hujan ringan.

Menurut BMKG, untuk suhu, rata-rata diperkirakan berada di kisaran 22°-32° celcius dengan kelembaban 70%-97%. Arah angin diprediksi BMKG untuk seluruh wilayah Jateng mengalami angin yang bertiup ke Barat Daya dengan kecepatan di kisaran 25km/jam-30km/jam.

Akan tetapi, untuk daerah utara Jateng akan berpotensi hujan lebat. Pasalnya, BMKG memprediksi hujan lebat mulai dari Jawa bagian tengah hingga Sulawesi bagian selatan. Hal itu disebabkan oleh kovergensi memanjang.

BMKG menjelaskan, konvergensi merupakan gerakan angin dalam bentuk arus horizontal ke suatu daerah atau mengumpulnya massa udara di suatu daerah yang membantu untuk pembentukan awan tebal. 

Di sisi lain, ada beberapa kota dan 29 kabupaten diperkirakan BMKG masih intensitas sedang dan ringan. Sekitar 25 wilayah kota dan kabupaten, antara lain Kota Semarang, Pekalongan, Salatiga, Kendal, Tegal, Solo, Wonosobo, Wonogiri, dan Magelang diprediksi akan mengalami hujan dengan intensitas sedang. (Red-HB23/Foto: BMKG).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Kabupaten Blora Diprediksi Mengalami Hujan Ringan Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora