Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Saturday, 10 January 2015

Khasiat Binatang Undur-undur bisa Sembuhkan Diabetes bagi Warga Blora



Blora, Harianblora.com - Khasiat binatang undur-undur bisa sembuhkan diabetes bagi warga Blora dan umumnya Indonesia. Undur-undur, merupakan salah satu binatang unik. Secara ilmiah, undur-undur adalah jenis serangga yang akarnya dari familia Myrmeleontidae. Sebagian literatur lain juga menyebutnya Myrmeleonidae.

Penelitian Bernard Grzimek (1979) dalam buku "Grzimek's Animal Life Encyclopedia" menjelaskan di dunia ini ada sekitar 2.000 spesies undur-undur. Mereka tersebar di semua wilayah dunia, dan yang paling banyak adalah di daerah berpasir dan suhunya hangat.

Undur-undur, adalah sebutan untuk serangga ini karena ia berjalan mundur dan mencari lobang tempat tinggalnya. Undur-undur adalah larva calon serangga. Seiring berjalannya dunia akademik, banyak penelitian yang menyebutkan manfaat larva ini, salah satu untuk mengobati diabetes dan stroke.

Untuk diabetes, undur-undur mengandung kadar penurun gula. Karena itu, ia sangat berkhasiat menyembuhkan diabetes. Dalam penelitian Tyas Kurniasih (2006) berjudul "Potensi Undur-undur Darat" menjelaskan hewan unik ini mengandung zat sulfonylurea.
 
Diketahui, sulfonylurea yang dimiliki undur-undur sangat bermanfaat untuk melancarkan kerja pankreas dalam memproduksi insulin. Jika insulin dalam tubuh manusia menurun, sedangkan kadar glukosa darah meningkat, maka terjadi ketidakseimbangan. Di sini lah, para penderita diabetes sangat cocok mengonsumsi undur-undur.

Begitu pula untuk menyembuhkan penyakit lain, cara mengonsumsi undur-undur sangat mudah, yaitu cukup menelannya. Ada yang mengatakan 1, ada yang 2 dan 3. Caranya adalah mencuci bersih hewan ini, jangan sampai ada pasirnya, lalu telan dan setelah itu minumlah air putih.

Jika merasa jijik, anda bisa memasukkan hewan ini ke dalam bungkus / kapsul. Jika sudah masuk, lalu telan sebagai obat alternatif untuk mengobati diabetes, stroke dan berbagai penyakit lain. (Red-HB45/Foto: Harianblora.com). Baca juga: Nasi Jagung Khas Blora Harganya Murah Poool.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 comments:

Item Reviewed: Khasiat Binatang Undur-undur bisa Sembuhkan Diabetes bagi Warga Blora Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora