Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Wednesday, 21 January 2015

Majalah Derap Guru Jadi Bacaan Guru dan Wahana Menulis di Blora



Blora, Harianblora.com – Majalah Derap Guru menjadi bacaan guru dan wahana di Blora. Majalah Derap Guru, adalah salah satu majalah yang dimiliki oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang didistribusikan di sekolah-sekolah. Derap Guru adalah Media internal yang dimiliki oleh organisasi PGRI yang didedikasikan untuk guru-guru dalam mengembangkan keterampilan menulisnya.

Salah satu aktivis PGRI Cabang Tunjungan, Sumardjan, SPd, M.MPd mengaku dampak positif Derap Guru tidak hanya bagi PGRI, namun bagi semua kalangan pendidikan.

Selaku Kepala SD Negeri 1 Tawangrejo Blora, ia mengatakan Derap Guru sangat positif bagi dunia pendidikan. PNS Kabupaten Blora ini sangat mengapresiasi adanya Derap Guru. “Majalah ini sangat penting keberadaannya, selain wahana menulis, Derap Guru juga menjadi ajang silaturrahmi,” ujar guru SD tersebut kepada Harianblora.com, Rabu (21/1/2015).

Majalah yang memiliki visi  Menjadi media komunikasi yang efektif antar anggota, anggota dengan pengurus PGRI, untuk mewujudkan guru profesional ini sangat berdampak positif  bagi guru, terutama bagi yang rajin menulis belajar menulis.

Majalah yang beredar di Jawa Tengah ini  memiliki beberapa misi. Pertama, muwujudkan komunikasi profesi antar guru. Kedua, mewujudkan komunikasi organisasi PGRI untuk membangun solidaritas dalam perjuangan. Ketiga, menyebarluaskan informasi IPTEKS dan Peraturan Perundangan serta Kebijakan Pemerintah dalam dunia pendidikan. 

Terpisah, Hakim Alif Nugroho, salah satu aktivis Lembaga Pers Mahasiswa Islam juga mengatakan dunia tulis-menulis sangat penting bagi guru. “Majalah Derap Guru ini sangat menyuntik jiwa intelektualitas guru,” ujarnya, Rabu (21/1/2015). Baginya, menulis itu tidak hanya saat skripsi dan tesis. “Guru itu profesi ilmuwan, jadi ya harus rajin menulis, salah satunya melalui majalah ini,” ujar dia.

Majalah ini juga memiliki beberapa rubrikasi dan segmentasi menari. Mulai dari Editorial, Salam Redaksi, Surat Pembaca, Renungan, Laporan Utama, Daerah, Estalase, Perisitiwa, Lobi, Sorot dan Sosok.

Selain itu, majalah ini juga memiliki rubik Dokumen, Kilas Berita, Pena, Fiksi, Aspirasi, Suara Perempuan, KBM, Ceporet-Taman Geguritan, Mimbar, Kesehatan, Info Organisasi, Derap Langkah, Advertorial dan juga Guru Bertanya PGRI Menjawab. Selain di Blora, majalah ini juga didistribusikan di Jawa Tengah. (Red-HB20/Foto: Harianblora.com).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Majalah Derap Guru Jadi Bacaan Guru dan Wahana Menulis di Blora Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora