Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Saturday, 3 January 2015

Musim Hujan Datang, Jumlah Populasi Lalat di Blora Bertambah

Blora, Harianblora.com-Musim hujan datang, jumlah populasi lalat di Blora bertambah banyak. Selain menjijikkan, lalat juga menjadi penyebab penyakit yang tidak bisa disepelekan. 

Jika ada satu lalat hinggap di makanan Anda, kurang lebih sekitar 125.000 kuman akan jatuh dan menempel di tempat atau makanan yang dihinggapinya. 

Musim hujan adalah musimnya lalat bersenang-senang, hinggap seenaknya di makanan kita, baik di dapur, di ruang makan dan sebagainya.

Kita harus tetap waspada dengan munculnya lalat-lalat tersebut. Ada beberapa jenis lalat yang harus diwaspadai, agar kita terhindar penyakit. Pertama adalah jenis lalat rumah biasa. Jenis dan ciri-cirnya ia memiliki punggung berwarna abu-abu dan perutnya tampak kuning.


Kedua adalah jenis lalat rumah kecil dengan ciri-ciri penggungnya berwarna hitam dan perutnya abu-abu. Ketiga adalah jenis lalat hijau yang bertubuh lebih besar, ia bertubuh kekar, dan warnanya hijau.


"Biasanya mereka muncul saat musim hujan tiba seperti ini," jelas Anik Sukaifah, peneliti Biologi Jawa Tengah.


Sarjana Pendidikan Biologi tersebut mengatakan, sebenarnya bukan hanya saat musim hujan, namun saat hujan pun di musim kemarau, bisa memacu lahirnya lalat. "Proses lahirnya lalat kan dari perubahan bertahap-tahap, nah pas hujan lah ia akan muncul ribuan," terangnya kepada Harianblora.com. Maka dari itu, ujarnya, kita harus berhati-hati.


"Anda bisa memasang perangkap elektrik, atau menyalakan obat nyamuk, atau dengan obat manual," katanya pada Sabtu (3/1/2014). 

Namun yang paling aman adalah dengan menggunakan cara manual, karena di musim hujan seperti ini tak mungkin kita menghindar dari lalat. (Red-HB16/Foto: Harianblora.com).

Baca juga : Cara Ternak Ayam Bangkok dengan Cepat Sudah Dikembangkan di Daerah Pelosok
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Musim Hujan Datang, Jumlah Populasi Lalat di Blora Bertambah Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora