Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah Qurban.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Monday, 12 January 2015

Pasar Tradisional di Blora Harus Dihidupkan Daripada Indomart



Blora, Harianblora.com - Pasar tradisional di Blora harus dihidupkan daripada indomart maupun alfamart. Hal itu diungkapkan Tajussarofi, pemerhati kebijakan publik dari Pascasarjana Undip. Menurutnya, kalau masyarakat Blora berbelanja di indomart, hal itu sama saja membuat mereka yang kaya semakin kaya. "Kalau belanja ya lebih baik di pasar-pasar tradisional. Jangan di pasar kapitalis seperti indomart dan alfamart," ujarnya, Senin (12/1/2015).

Salah satu aktivitas pasar tradisional di Blora
Menurut pemuda tersebut, selama ini regulasi pemerintah terhadap pendirian alfamart maupun indomart semakin kerdil. "Di Semarang saja, itu sudah menjamur, padahal lokasinya minimal 300 meter dari pasar tradisional. Kalau di Blora tidak terlalu padat, namun lebih ke sifat konsumtifnya masyarakat," jelas dia.

Menurut Tajus, saat ini yang memiliki modal lah yang menang. Sedangkan pasar-pasar tradisional semakin kalah dengan indomart. "Pasar sosial itu kaum sosialis, kalau kaum kapitalis ya di indomart. Padahal di pasar tradisional lebih alami, sejuk, semua tak instan barang dagangannya," paparnya.

Maka dari itu, yang perlu dibenahi menurut Tajus bukan hanya regulasi pendirian indomart, namun juga pola pikir masyarakat. "Masyarakat juga aneh, semakin banyak indomart kok malah senang. Seharusnya mereka ya berontok, wong itu bentuk penjajahan ekonomi," terangnya.

Pasar tradisional, sejelak apa pun menurut Tajus perlu dilestarikan. Pemerintah Kabupaten Blora harus peduli dengan pembangunan pasar-pasar lokal. "Plus minus indormart memang ada. Namun bagaimana pun juga, sistem ekonomi sosialis tetap harus diutamakan. Jangan sampai kaum kapitalis melahap rakyat dengan mendirikan indormart di desa-desa," tukas mantan Ketua HMI Badko Jateng-DIY tersebut.

Ia mengaku, saat ini pola pikir masyarakat semakin aneh. Dan itu baginya adalah bentuk penjajahan. "Masyarakat kita terus dibodohi, dengan adanya indomart, hakikatnya ya menjajah kita. Paling mentok rakyat hanya jadi babu dan karyawannya. Semua itu hanya permainan," jelas Tajus. (Red-HB16/Foto: Harianblora.com). Baca juga: Inilah Proyeksi Ekonomi 2015 Menurut Pakar Politik dan Ekonomi.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Pasar Tradisional di Blora Harus Dihidupkan Daripada Indomart Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora