Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah Qurban.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Monday, 12 January 2015

Alhamdulillah, Pencuri Bantalan Rel Kereta Api di Blora Ditangkap



Semarang, Harianblora.com – Wah, bantalan rel kereta api di Blora rawan dicuri maling. Namun kini pencuri bantalan rel kereta api di Blora ditangkap. Bahkan dalam tiga bulan terakhir ini, sudah terjadi 3 kali pencurian bantalan rel yang sangat merugikan. Menanggapi hal itu, Suprapto, Manajer Hubungan Masyarakat PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional IV Semarang pada Senin (12/1/2015) mengatakan saat ini sangat rawan pencurian rel.

Pihaknya mencatat, sudah 2 kali terjadi pencurian bantalan real dalam 3 bulan terakhir.  Pencurian pertama, sudah terjadi pada 6 Januari 2015 lalu. Menurut Suprapto seperti yang dilansir Tempo, sudah ada pencurian di awal tahun 2015 ini.  “Tepatnya tak jauh dari lingkungan Stasiun Cepu,” ujarnya.

Di tahun 2014, tepatnya pada tanggal 16 November 2014, PT KAI telah menangkap pencuri bantalan rel kereta api di lokasi sama. Modus pencurian menurut Suprapto sama, yaitu mereka mencuri saat malam hari dan memanfaatkan angkutan mobil penumpang yang digunakan untuk mengangkut bantal rel curian terebut. 

Dari catatan Suprapto, upaya pencurian terbut yang terbaru adalah pada Selasa (6/1/2015) yang dilakukan sekitar jam 01.30 WIB. Saat itu, ada petugas keamanan stasiun yang juga bersama anggota polisi khusus kereta yang mengetahui pencurian tersebut. Saat itu, berhasil ditangkap 3 orang yang sedang melakukan pembongkaran bantalan rel kereta yang akan digondolnya.

Tak hanya 3 pencuri, petugas kereta Daop IV di wilayah Cepu Blora juga mendapatkan barang bukti (BB) yaitu sejumlah alat pembongkar bantalan rel. Juga movil penumpan yang hendak digunakan untuk mengangkut rel sejumlah 1 mobil.

Tiga pencuri nakal tersebut, kemudian dibawa dan dilaporkan ke Kepolisian Sektor Cepu Blora. Menurut Suprapto, para pencuri nakal itu mengakui kejahatannya yang ingin membongkar bantalan rel untuk dijual.
Irwan Siswanto yang bertugas di Bagian Pembinaan Polisi Khusus Kereta Stasiun Cepu Blora mengatakan terbongkarnya pencurian bantaln rel kereta pada 6 Januari 2015 itu, awalnya dari kecurigaan pengelola stasiun. 

Pihak pengelola curiga kepada gerombolan orang yang berkeliaran di sekitar lokasi kejadian. Irwan mengaku, mendapat aduan dari kepala stasiuan yang sering melihat gerombolan orang tak dikenal di dekat lokasi kejadian. “Kami mendapat aduan dari kepala stasiun yang sering melihat gerombolan orang di lokasi bekas pencurian dekat gerbong bekas pengangkut pupuk,” jelasnya

Setelah mendapat laporan, hal itu ditindaklanjuti dengan patrol, yang kemudian menemukan adanya upaya pencurian. Kemudian benar, tertangkap para pencuri bantalan rel kereta yang sangat merugikan masyarakat dan PT KAI. (Red-HB10/Foto: Harianblora.com ). Baca juga: Polres Blora Akan Serahkan Berkas Dugaan Korupsi Dana Jampersal ke Kejari Blora.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Alhamdulillah, Pencuri Bantalan Rel Kereta Api di Blora Ditangkap Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora