Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah Qurban.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Saturday, 17 January 2015

Pecel Makanan Khas Blora Rasane Wuenak Tenan Bro

Blora, Harianblora.com - Pecel makanan khas Blora rasane wuenak tenan bro. Demikian ungkapan Ahmadi Majid (34) warga Blora yang sedang menikmati pecel khas Blora. Pecel Blora, memang sangat beda dengan pecel yang lain. Dengan bumbu yang khas, pecel Blora juga memiliki daya tarik sendiri bagi penikmat kuliner.

Pecel adalah salah satu makanan yang berbahan dasar sayuran. Seperti kacang panjang, toge, kedelai hitam, daun turi, dan diberi bumbu dari kacang tanah. Setiap daerah, memiliki ciri khusus dalam penyajian pecel.

Makanan ini, biasa disajikan dan dijual tanpa mengenal musim. Apalagi, sayur-sayuran di Blora sangat mudah ditemukan dan bisa dimanfaatkan menjadi pecel.

Jika Anda mau membuat Pecel Khas Blora, siapkan bahan-bahan di bawah ini:

Pertama, kacang panjang, dipotong 5 cm kecil-kecil. Cukup 1 ikat dari pasar.
Kedua, toge
Ketiga, bunga turi
Keempat, daun ubi atau disebut godong glandir

Kelima, kacang tanah goreng yang sudah dihaluskan
Keenam, kedelai hitam.


Setelah bahan-bahan di atas matang, lalu buat lah bumbunya dari kacang tanah dan bisa dicampur kecap. Anda juga bisa menambahkan kerupuk, atau yang lain untuk menambah selera makan. Bisa juga agar lebih sedap diberi jeruk pecel.

Lebih unik lagi, bisa disajikan di atas daun jati agar lebih alami dan natural. Apalagi, pecel Blora terkenal dengan identitas duan jatinya. Jika Anda malas membuat, beli lah di warung terdekat. 

Ahmadi, salah satu penikmat pecel di Blora mengaku jarang membuat sendiri, namun ia hampir tiap minggu menikmati pecel yang dijual di dekat pasar Blora Kota. "Wah, ya enak beli, cepat dan rasanya juga terjamin. Kalau buat sendiri, belum tentu seenak ini, paparnya kepada Harianblora.com. Ia mengaku, harga selain murah, ia juga bisa menikmati aneka lontong dan nasi untuk penambah menu. (Red-HB13/Foto: Harianblora.com).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Pecel Makanan Khas Blora Rasane Wuenak Tenan Bro Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora