Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah Qurban.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Thursday, 22 January 2015

Petani Todanan Blora Gelar Musyawarah dengan PT. GMM, Tapi Tak Membuahkan Hasil

Todanan, Harianblora.com - Petani Tinapan, Kecamatan Todanan Blora gelar musyawarah dengan PT. GMM. Mereka menggelar musyawarah di  Aula Kecamatan Todanan pada hari Kamis, (22/1/2015) yang diadakan oleh Dinas Pekerjaan Umum. Musyawarah ini adalah membahas berkaitan dengan pembongkaran pagar diatas saluran irigasi, namun ironisnya, musyawarah itu justru tak membuahkan hasil.

Tuntutan petani dalam forum tersebut tidak terakomodir dan akan dilempar penyelesaian lanjutan ke Bupati Blora. Selaku Ketua BPD Tinapan, Todanan, Blora, Zaenul Arifin mengatakan seharusnya DPU Blora melalui Kabid Pengairan sebagai penggagas pertemuan tersebut mempunyai sikap tegas atas pelanggaran pelanggaran yang dilakukan oleh PT GMM.

DPU sudah tau, kata Zaenul, dan menyatakan kalau pembangunan pagar di atas tanggul irigasi itu adalah sebuah pelanggaran, namun kenapa DPU malah tidak bersikap tegas. "Maka seharusnya pemerintah bisa langsung merekomendasikan kepada PT GMM untuk membongkar atau memperingatkannya” paparnya, Kamis (22/1/2015). 
 
Pemerintah melalui Dinas PU Kabid Pengairan Blora telah melakukan pembiaran bangunan pagar yang berdiri diatas saluran air, dan adanya adanya pembanguan tanggul sepihak yang dilakukan PT. GMM tanpa izin. Hal itu diungkapkan Zaenul selaku Ketua BPD Tinapan, Todanan, Blora.

Pemerintah sebenarnya sudah lama tahu, katanya, tapi sudah setahun ini tidak pernah ada  tindakan sesuai prosedur pemerintah. "Kan dalam aturan jelas, fungsi irigasi dan tanggul sebagai satu kesatuan prasarana dan infrastruktur pertanian bukan milik dan dipakain pabrik," tegasnya.

Zaenul yang juga ketua BPD Tinapan ini menjelaskan seharusnya PU langsung merekomendasikan ke Satpol PP untuk pembongkaran. "Jika Satpol PP nanti tidak bernai membongkar, masyarakat yang akan membongkar atau melaporkan ke aparat penegak hukum," ujarnya.

Tolong diperhatikan semua pihak, lanjut Zaenal, sekian tahun kami petani memakai sarana irigasi tersebut dan tidak ada masalah, tetapi kenapa sejak kedatangan Pabrik, justru petani merasa dirugikan. "Ada investor datang, justru mencari masalah," pungkas dia. (Red-HB34/Foto: Kabar Jateng).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Petani Todanan Blora Gelar Musyawarah dengan PT. GMM, Tapi Tak Membuahkan Hasil Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora