Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Monday, 19 January 2015

Pramoedya Ananta Toer dan Seks

Pramoedya Ananta Toer dan SeksOleh Ahmad Fauzin, S.Pd.I

Judul Buku: Pram dan Seks
Penulis: Soesilo Toer
Penerbit: PATABA Press
Dicetak: Cahaya
Edisi: Pertama, 22 Juni 2010
Tebal: 26 Halaman


"Orang kalau mau tahu tentang Pram, bacalah isinya dan bukan judulnya." (Soesilo Toer).

Berawal dari buku berjudul "Pram dan Seks". Buku ini adalah zine ketiga yang diterbitkan PATABA Press sesudah meninggalnya Pram pada 30 April 2006. Di dalam buku kecil ini, kebanyakan segala sesuatu tentang Pram dan ketujuh saudaranya, anak dari pasangan Mastoer atau Toer dengan Siti Saidah, anak pengulu Rembang dari istri bermata biru. Ia merupakan hasil perselingkuhan seorang kir master bule dengan babunya, yang kelak menjadi tokoh novel "Gadis Pantai". (Hlm.1).

Buku ini, memang tipis, namun kaya manfaat bagi penggemar sastra. Apalagi, Zine berbicara tentang Pram dengan segala kesulitan ekonomi, sosial, kewarganegaraan, kepengarangan, kekeluargaan, ketetanggaan, besama adik-adiknya. Orang seperti Pram adalah orang terpinggirkan karena politik, karena kekuasaan pula. 

Ketika naskah ini ditulis Pak Sus, banyak beberapa sahabatnya begidik, mereka anggap terlalu ekstim, mecolok. Dan di situ lah sebenarnya kunci rahasinya.

Orang kalau mau tahu tentang Pram, bacalah isinya dan bukan judulnya. Siapa tahu dengan cara ini, bisa mendongkrak minat membaca masyarakat. Banyak peristiwa, tragedi di negeri ini yang menjadi salah kaprah karena sabab-musabab yang elementer keliru atau sengaja diselewengkan. (Hlm. 2).

Pram dan karyanya, di dalam buku ini tidak sengaja disinggung dan otak-atik. Biarlah mereka yang lebih paham menelusuri, dan memperbincangkannya.

Dalam buku ini, di halaman 10 juga disebutkan Pram Bersaudara. Kemudian selanjutnya, disinggung pula penampilan, tinggi badan sampai perkawinan dan seks.

Banyak hal yang bisa dipetik dari buku mungil ini. Jika Anda berminat, silahkan langsung datang ke Perputakaan PATABA,

-Penulis adalah warga Blora, Lulusan IAIN Walisongo Semarang, Mantan Aktivis Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI) Tuntas Cabang Semarang.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Pramoedya Ananta Toer dan Seks Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora