Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Monday, 19 January 2015

Risang Guntur Seto Menjadi Kiblat Seni Barong di Kabupaten Blora

Risang Guntur Seto
Blora, Harianblora.com - Barongan Blora merupakan kebudayaan asli Kabupaten Blora yang perkembangannya semakin lama semakin diminati masyarakat. Barongan Blora yang ada saat ini tentu tidak seperti pada zaman dulu. Dari segi fisik dan gerakan, Barongan Blora saat ini telah mengalami perkembangan yang luar biasa.

Seni Barong  yang senantiasa mengalami perkembangan dan selalu memberikan inovasi baru adalah Seni Barong Risang Guntur Seto yang beralamat di Kelurahan Kunden, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora. Perlu diakui bahwa Risang Guntur Seto menjadi kiblat seni barong di Kabupaten Blora.

"Barongan Blora tidak dapat terlepas dari Seni Barong Risang Guntur Seto, Seni Barong ini selalu memberikan inovasi baru yang selalu menjadi trend baru di Kabupaten Blora. Tidak sedikit group seni barong lain yang bisa dibilang meniru gerakan maupun konsep pentas mereka" ujar Bagus, salah satu pemerhati Barongan Blora kepada Harianblora.com.

Seni Barong yang dibentuk pada 20 Mei 1999 ini pernah memberikan inovasi pada segi fisik Barongan Blora, yakni dengan memberikan warna rambut merah dan putih. Kemudian beramai-ramai group seni barong lain yang mewarnai rambut barongan mereka.

November 2014 lalu, Seni Barong Risang Guntur Seto kembali memberikan gebrakan dengan menciptakan kepala barongan yang dikreasi dengan menggunakan rumput rayung. Selain kepala barongan, rumput rayung juga dipasang pada gendruwon atau joko lodra. Kreasi ini akhirnya mendapatkan respon yang luar biasa dari masyarakat dan group seni barong lainnya. Sehingga dapat diprediksi tahun 2015 akan banyak grup seni barong yang menggunakan rayung.

"Jika melihat perjalanan dari tahun ke tahun, saya prediksi tahun 2015 ini akan banyak yang menggunakan rayung pada barongan mereka" papar Bagus.

Selain dari segi fisik, gerakan tari dalam Seni Barong Risang Guntur Seto seperti gerakan kucingan dan jaranan seakan menjadi kiblat bagi Barongan Blora sehingga banyak grup yang jika diamati gerakan tarinya seperti Risang Guntur Seto.

"Kalau saya ngga masalah mas, itu artinya karya kami diterima masyarakat dan  menjadi panutan group-group yang ada di Blora" ujar Adi Wibowo, pimpinan Seni Barong Risang Guntur Seto.

Seni Barong Risang Guntur Seto menjadi seni barong yang terbaik di Kabupaten Blora dan telah banyak pihak mengakui hal tersebut. Seni Barong ini juga telah beberapa kali diundang ke luar daerah untuk memberikan sajian Seni Barong seperti pada serah terima Pangdam di Makodam yang bergabung dengan batalyon 410 dan juga memberikan sajian tari barong dalam festival barong nusantara pada tahun 2014. Selain itu, Risang Guntur Seto merupakan satu-satunya grup Barongan Blora yangg pernah tampil di festival reyog dan pernah mendapat juara harapan di BIF pada tahun 2003.(Red-HB13/Foto: AW)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Risang Guntur Seto Menjadi Kiblat Seni Barong di Kabupaten Blora Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora