Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Tuesday, 6 January 2015

Saatnya Produk Kerajinan UMKM Blora Go Internasional



Blora, Harianblora.com – Seiring berjalannya roda globalisasi, produk kerajinan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Blora terus melaju dan bergerak rapi. Tak hanya berkembang biasa, saat ini produknya juga semakin beragam. Sudah saatnya produk kerajinan umkm Blora go internasional.

Seperti kita ketahui, produk Blora selama ini sudah menunjukkan kualitas dan keunikannya. Katakan saja seperti Keramik Balong, Batik Blora, Gempol Jati, Barong dari berbagai jenis. Namun saat ini sudah berkembang Kain Perca serta Sulam Pita yang mulai diminati penggemar produk kerajinan.

Salah satu penggemar produk kerajinan Blora, Hakim Alif Nugroho (23) mengakui kalau produk kerajinan Blora sangat menarik dan pantas untuk go internasional. “Dari segi budaya dan produk seni, Blora sangat menarik daripada daerah lain. Sudah pantas produk Blora untuk go nasional bahkan internasional,” ujarnya kepada Harianblora.com.

Akademis Universitas Diponegoro tersebut mengatakan banyak potensi Blora yang harus didukung untuk dikenal semua orang. “Kain Perca dan Sulam Pita itu hal baru dan harus didukung penuh untuk go internasional,” paparnya, Selasa (6/1/2015).

Salah satu pegiat Kain Perca dan Sulam Pita, Vesta Wahyuningsih mulai menerima banyak order pesanan. Tak lama ini, Vesta mendapat banyak pesanan berupa tas yang dihiasi berupa sulam pita serta kain perca. Vesta menerima puluhan tas yang ia kerjakan sendiri bersama karyawannya di rumah sendiri. Alhamdulillah hasil kerajinan tangan kami mulai dilirik pasar, katanya, meskipun belum banyak yang mengenal produk ini secara luas. Perempuan ini juga mengutarakan produknya adalah berupa produk yang memanfaatkan limbah perca batik.

Harga produk kerajinan karya Vesta ini harganya lumayan, yaitu untuk tas sekitar Rp 50.000 sampai Rp 100.000. Dikarenakan ia bergelut aktif dalam merangkai Kain Perca Batik, perempuan berhijab ini didaulat menjadi tutor dan pemateri yang diadakan PKK di beberapa kelurahan dan kecamatan di Blora. Harga produk Vesta tersebut fleksibel. Biasanya, kalau ada pemesanan, harga disesuaikan dengan model yang dipesan oleh konsumen. Banyak kerajinan hasil karya Vesta dan karyawannya berupa sulam pita meliputi sarung bantal, hiasan tas, dompet, model baju, jilbab dan sebagainya. 

Saat ini, sudah banyak usaha perajin batik yang berdiri. Hal itu tentu menyisakan banyak kain perca yang bisa diolah dan dimanfaatkan untuk kerajinan. “Perca batik ini lah yang saya manfaatkan untuk membuat tas dan sejenisnya, seperti sarung bantal atau dompet," tuturnya seperti yang dilansir di Jateng Pos. Ia terus mengembangkan kerajinan Blora yang unik dan berupa Kain Perca dan Sulam Pita. (Red-HB23/Foto: JP).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Saatnya Produk Kerajinan UMKM Blora Go Internasional Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora