Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah Qurban.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Saturday, 24 January 2015

Sego Kucing Khas Blora, Makanan Murah Meriah dan Merakyat



Blora, Harianblora.com – Sego Kucing khas Blora adalah makanan murah meriah dan merakyat. Sego Kucing atau orang sering menyebutnya Nasi Kucing adalah salah satu jenis makanan yang dijual malam hari, sebagian besar juga ada yang menjualnya siang hari.
Disebut Sego Kucing karena disajikan dengan porsi seperti porsi kucing, yaitu porsi minimalis atau sedikit. Di kota-kota besar seperti Jogjakarta, Semarang, Surabaya, sangat mudah kita jumpai Nasi Kucing, tak terkecuali di Kabupaten Blora, salah satunya di Jalan Gatot Subroto atau di depan Warung Bakso Patriot.

Nasi Kucing, bisa disajikan dengan berbagai macam lauk. Ada Nasi Kucing lauknya teri, balado, nasi rames, sambal belut, sambal goreng, babat, bandeng, oseng tahu, empet, ayam, telur puyuh, babat dan sebagainya.

Salah satu penikmat Nasi Kucing di Blora adalah Mardi (34), ia sering membeli Nasi Kucing di Blora saat malam hari. “Kalau malam Minggu seperti ini selalu ramai, di angkringan seperti ini banyak yang nongkrong sambil menikmati nasi kucing,” paparnya kepada Harianblora.com, Sabtu (24/1/2015) malam.

Ia mengaku, dengan membeli hanya bermodal Rp 10.000 sudah mengenyangkan perut. “Kan murah, nasi Rp 1500, ditambah gorengan, eh teh dan lauk lain,” ujarnya.

Selain nasi, di angkringan nasi kucing juga menjual aneka macam tahu goreng, tempe goreng, kepala ayam, sate telur, kerang dan sebagainya. Tak hanya makanan, di angkringan tersebut juga menjual aneka minuman, seperti kopi, jeruk anget, es teh, jahe, susu, soda dan sebagainya.

Mardi mengaku, Nasi Kucing menjadi makanan merakyat dan harganya terjamin. Selain untuk mengganjal perut, biasanya penikmati nasi kucing juga memanfaatkan angkringan untuk sekadar ngobrol, nongkrong, dan juga melepas penat. “Kalau malam Minggu seperti ini ya ramai untuk nongkrong,” paparnya. (Red-HB29/Foto: Harianblora.com).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Sego Kucing Khas Blora, Makanan Murah Meriah dan Merakyat Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora