Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Friday, 9 January 2015

Semburan Lumpur di Nglobo Blora Belum Selesai, PEPC ADK Siapkan Tiga Tahapan



Nglobo, Harianblora.com -  Akibat semburan lumpur di Nglobo Blora belum selesai, PEPC ADK siapkan tiga tahapan untuk menangani semburan lumpur di Desa Nglobo, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora. Pertamina Eksplorasi Produksi Cepu Alas Dara Kemuning (PEPC ADK) melakukan beberapa langkah penanganan semburan tersbeut di sekitar sumur NGBU 04 di Nglobo yang tak kunjung reda. Apalagi, semburan ini sejak tahun 2014 sampai tahun 2015 yang tentu menjadi catatan bagi warga Blora.
Semburan yang mulai menurun, Kamis (8/1/2015).
Pandu Subianto Public Government Affair PT Pertamina EP Cepu, pada Kamis (8/1/2015) mengatakan dalam upaya penanganan semburan di Desa Nglobo tersebut, PEPC ADK membutuhkan tiga tahapan penanganan. Kepada wartawan, Pandu yang ditugaskan di wilayah PEPC ADK mengaku dalam penanganan perlu tiga tahapan. 

Pada tahapan awal, menurut Pandu, untu menyelesaikan persiapan program dan pengadaan logistik dari peralatan terkait yang membutuhkan waktu kurang lebih dua minggu. Untuk tahapan kedua, menurut Pandu pelaksanaan program penanganan yang akan membutuhkan waktu kurang lebih 1 minggu. Untuk tahapan ketiga, yaitu penanganan pascasemburan yang meliputi assessment lingkungan dan uji kelayakan tanah pada seluruh lokasi titik semburan dengan melibatkan tim independen, dengan kurun waktu kurang lebih 2 sampai 4 minggu.

Pihaknya, kini masih terus mengukur komposisi gas dari semburan di Nglobo tersebut. Pihaknya juga menganalisa aliran air tersebut secara berkala. "Kami masih  terus melakukan pengukuran komposisi gas dari semburan dan analisa aliran air secara berkala. Karena itu, menggandeng tenaga independen guna melakukan analisa lingkungan dan H2S Engineer serta pemantauan gas," jelas Pandu.

Pandu juga mengatakan, jumlah titik semburan ia klaim tinggal 23 titik dari yang awalnya 41 sampai 44 titik. Ia menjelaskan, semburan tersebut saat ini hanya tinggal sedikit, dan sebagian besar hanya berwujud gelembung atau bahkan tidak muncul di permukaan. Warga kini terus berharap agar musibah yang tak diduga tersebut cepat selesai. (Red-HB13/Foto: Harianblora.com). Baca juga: Foto Semburan Lumpur di Nglobo Ramai di Media.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Semburan Lumpur di Nglobo Blora Belum Selesai, PEPC ADK Siapkan Tiga Tahapan Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora