Harianblora.com Mengucapkan Selamat Menjalankan Puasa Ramadan&Mengajak Warga Jaga Kesehatan&Memutus Penyebaran Corona

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Friday 9 January 2015

Serabi Khas Blora Berbeda dengan Serabi Khas Pati

Blora, Harianblora.com - Serabi khas Blora berbeda dengan serabi khas Pati. Jika di Blora, serabinya agak kecil tapi tebal. Kemudian, cara menyajikannya menggunakan taburan kelapa di atasnya. Sedangkan serabi Pati justru lebar-lebar namun tipis. Dan cara menyajikannya justru menggunakan santan yang masih hangat.

Jika orang Blora ke Pati, pasti bingung dengan serabi Pati. Begitu pula dengan orang Pati yang ke Blora, pasti juga bingung dan heran dengan serabi khas Blora.

Jumini (51) salah satu penjual serabi Blora mengatakan serabi Blora sudah ada sejak ia kecil. "Ya di atasnya ditaburi kelapa yang sudah diparut seperti ini," ujarnya. Ia mengakui, tiap daerah memiliki cara tersendiri untuk menyajikan makanan.


Kalau di Pati saya kurang paham, katanya, tapi kalau di sini ya agak kecil tapi tebal seperti itu. "Serabi Blora itu murah meriah, cukup 1000 dapat dua bungkus," ujarnya, Jumat (9/1/2015). Ia mengaku, makanan khas ini adalah warisan leluhur yang sejek dulu sudah ada.


Terpisah, Ahmad Muslih (24) warga Runting Pati, mengatakan serabi Pati sebenarnya sangat berbeda dengan serabi lain. "Di Pati lebih tipis dan makannya pakai santan hangat," ujarnya. Biasanya, karena daun pisang mudah bocor, maka orang Pati kalau menyajikannya di piring. (Red-HB12/Foto: Harianblora.com). Baca juga: Grontol Jagung, Makanan Khas Blora.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Serabi Khas Blora Berbeda dengan Serabi Khas Pati Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora