Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah Qurban.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Friday, 9 January 2015

Makanan Khas Blora, Grontol Jagung yang Rasanya Maknyus

Blora, Harianblora.com - Sebagai orang Jawa, khususnya Kabupaten Blora, Anda harus tahu makanan yang satu ini, yaitu makanan khas Blora, Grontol Jagung yang rasanya maknyus.

Di Jawa, sebagian besar orang menyebutnya grontol jagung, namun ada juga yang menyebutnya belendung jagung. Di Blora sendiri, kebanyakan masyarakat menyebutnya gerontol jagung, ada juga yang menyebutnya gerontol jagung.

Makanan unik yang berbahan dasar jagung dan kelapa ini sudah ada sejak dulu. Biasanya, masyarakat bisa mendapatkannya di pasar-pasar tradisonal, bisa juga membuat sendiri tanpa membeli.


Grontol jagung, bisa dibuat dengan simpel. Anda hanya perlu menyiapkan jagung muda, air secukupnya, garam, dan kelapa muda yang sudah diparut. Setelah jagung matang, iris dan lepaskan dari janggelnya. Kemudian, taruh jagung di piring, lalu taburkan di atasnya dengan kelapa yang sudah jadi tadi.


Biasanya, ia disajikan dengan bungkus daun pisang yang sangat alami. Selain menyehatkan, gerontol jagung juga menjadi ikon di Jawa. Tidak hanya kalangan petani, namun orang-orang kaya saat ini juga mulai tergoda dengan kuliner ini. (Red-HB15/Foto: Harianblora.com). Baca juga: Toko Buah ABC Blora Sangat Laris.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Makanan Khas Blora, Grontol Jagung yang Rasanya Maknyus Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora