Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Tuesday, 13 January 2015

Tari Tayub Blora dan 13 Tari Lain Se Jateng Dipentaskan di Unnes



Semarang, Harianblora.com – Tari Tayub Blora dan 13 tari lain se Jawa Tengah dipentaskan di Universitas Negeri Semarang, Minggu (11/1/2015). Pagelaran yang dirangkai dalam acara “Tari Kerakyatan Jawa Tengah “ ini bertempat di Gedung B6 Fakultas Bahasa dan Seni(FBS) Unnes, Sekaran, Semarang.
\
Ada 14 tari yang ditampilkan dalam agenda besar ini. Tari kerakyatan yang dimaksud dalam agenda di FBS Unnes ini adalah kesenian kabupaten/kota yang hidup berkembang di wilayah Jateng, salah satunya adalah Tayub dari Kabupaten Blora.

Selain Tayub dari Kabupaten Blora, 13 tari lain meliputi Soreng (Bawen), Kretek (Kudus), Topeng Lengger (Wonosobo), Kubro Siswa (Magelang), Jalungmas (Cilacap), Prajuritan (Kab. Semarang) Topeng Ireng (Magelang), Dolalak (Purworejo), Babalu (Batang), Topeng Endel (Tegal), Aplang (Banjarnegara), Dames (Purbalingga) dan juga Kuntulan (Tegal).

Semua perwakilan dari 14 daerah tersebut secara bergantian tampil di panggung B6 kampus FBS Unnes. Tak hanya itu, sebelum disuguhkan tarian rakyat Jateng, para mahasiswa juga menggelar pertunjukan di sanggar/group/kelompok seni yang berada di kabupaten/kota di Jawa Tengah. Kegiatan yang digagas Unnes ini merupakan agenda untuk melestarian budaya Jawa.

Bintang Hanggoro, penanggung jawab kegiatan mengharapkan, kegiatan nguri-nguri budaya ini sebagai embrio direktori dan sebagai literasi kegiatan kesenian tradisional yang berkembang di Jawa Tengah.

Salah satu mahasiswi Unnes yang berasal dari Blora, Rina Yulianti (21) mengatakan sangat bangga karena Tayub Blora masih dilestarikan. “Saya berharap tidak hanya momentum saja, namun di Blora sendiri harus dilestarikan,” ujarnya, Senin (12/1/2015). Menurut mahasiswa berkerudung itu, Tayub menjadi ikon Blora di Jawa Tengah yang harus tetap dilestarikan.

Saya mahasiswi dari Blora, katanya, sangat mendukung kegiatan yang berbagu seni budaya seperti yang digelar Unnes ini. (Red-HB39/Foto:BB). Baca juga: Kimato BC Gelar Lomba Kicau Burung di Kantor Kecamatan Todanan Blora.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Tari Tayub Blora dan 13 Tari Lain Se Jateng Dipentaskan di Unnes Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora