Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah Qurban.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Wednesday, 14 January 2015

Tips Membangun Rumah di Blora yang Aman dari Longsor

Blora, Harianblora.com – Memiliki rumah yang kuat, kokoh dan antibencana menjadi idaman semua masyarakat Blora. Namun untuk mengantisipasi datanganya bencana yang tidak terduga, masyarakat harus tahu tips membangun rumah di Blora yang aman dari longsor.

Menurut Dhimas Agung Ramadhan, peneliti arsitektur dari Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, kondisi tanah di Blora itu sifatnya berbentuk kapur, memiliki Ph (tingkat keasaman tanah) yang tinggi, sifat tanah di Blora juga cenderung mudah larut.

Jika membangun rumah di Blora, maka mau tidak mau akan mudah anjlok atau tenggelam. “Efek bangunan yang didirikan di daerah yang Ph nya tinggi, maka akan mudah anjlok,” katanya, Rabu (14/1/2015).

Selanjutnya, Dimas juga mengatakan saat musim hujan seperti hujan seperti ini, dengan tingkat tingkat asam yang tinggi, hal itu juga berpotensi melahirkan bencana seperti longsor. “Wujud riilnya adalah jalan di Blora mudah rusak, ditambah dengan truk-truk besar yang sering lewat di sana,” ujarnya.

Dimas yang juga pemerhati struktur tanah dari Undip tersebut, menilai bencana longsor di Blora salah satu penyebabnya adalah tingkat Ph yang tinggi, juga struktur tanah yang labil, mudah gerak.

Tips  Agar Rumah Aman Longsor
Menurut Dimas, hal pertama yang dilakukan adalah memilih lokasi. “Apalagi kondisi geografis Blora rata-rata pegunungan yang tentu krisis air mudah terjadi. Maka harus mencari daerah strategi, daerah datar, perluasan dekat dengan sawah untuk memperolah air mudah dan tentu harus memilih lokasi yang tidak rawan banjir,” jelasnya kepada Harianblora.com.

Tips kedua, menurut Dimas, untuk pemukiman yang di pegunungan, harus membuat rumah dengan kondisi yang aman. “Meskipun Blora penghasil kayu, tidak harus membangun rumah dengan model tembok, cor, karena di Kalimantan, di sana juga memanfaatkan rumah kayu,” ujarnya.

Ketiga, untuk rumah beton dalam rangka meminimalkan anjlog di daerah tanah lunak, bisa menggunakan “trucukan” atau semacam bambu yang ditancapkan ke dalam tanah untuk mengantisipasi penurunan tanah. “Biasanya hal ini telah diterapkan oleh kontraktor perumahan,” tutur pemuda berbadan gendut tersebut.

Keempat, masyarakat Blora yang mau membuat rumah harus mencari dan menggunakan bahan bangunan yang ramah lingkungan. “Hal itu bertujuan agar ramah lingkungan dan efek globar warming tidak begitu kena,” jelasnya.


Tips ini, bisa dilakukan dengan melihat kondisi tanah, potensi tanah di suatu daerah. “Tidak selamanya kita bisa melihat perumahan minimalis bisa dibangun di semua tempat di Blora,” terangnya. (Laporan Khusus Redaksi Harianblora.com/Foto: DAR).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Tips Membangun Rumah di Blora yang Aman dari Longsor Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora