Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Tuesday, 20 January 2015

Cara Mengatasi Bayi Sungsang Saat Usia Kehamilan 7 Bulan Harus Diketahui Ibu Hamil di Blora

Semarang, Harianblora.com - Cara mengatasi bayi sungsang saat usia kehamilan 7 bulan harus diketahui warga Blora. Sebenarnya, agar bisa tahu, bisa Anda cara di Google. Namun Anda harus hati-hati, dengan memperhatikan kondisi bayi dan kandungan serta kesehatan ibu.

Salah satu dokter spesialis kebidanan dan kandungan, yaitu dr. Jenny Jusuf, MSi, Med, SpOG mengatakan sebenarnya kondisi sungsang itu banyak penyebab. Salah satunya adalah kondisi ketuban atau air ketuban kurang. Menurut dokter yang sudah terkenal di Jawa Tengah tersebut, banyak solusi yang bisa dilakukan oleh ibu hamil.

Kepada Harianblora.com, dokter yang akrab disapa dokter Jenny ini mengatakan sebenarnya posisi sungsang sangat mudah dikembalikan. "Bayi itu kan masih berputar-putar saat di dalam kandungan, jadi solusinya ibu hamil harus banyak minum air putih, minimal sehari 18 liter," ujarnya, Selasa (20/1/2015). Selanjutnya, pemberian air kelapa muda juga sangat baik untuk janin. "Kalau minumnya banyak, otomatis akan memudahkan bayi memutar," tegasnya.

Selain senam, yoga, penyinaran, relaksasi, menurut dokter Jenny paling utama adalah minum air putih yang banyak. "Kalau air ketubannya dikit ya susah muter bayinya, yang penting minum air putih yang banyak," ujarnya. Jangan paksa anak berputar, lanjutnya, kalau ibunya sendiri tidak berusaha. Dokter Jenny juga menganjurkan untuk bersujud di luar salat bagi yang muslim maupun non muslim. "Sujud sangat perlu, minimal 27 kali tiap hari. 1 kali sujud minimal 15 menit," ujar dokter tersebut.

Apalagi, katanya, orang hamil itu pasti sering pipis. Sehingga, mau tidak mau ia harus banyak minum air putih. "Yang normal saja harus minum air putih yang banyak, apalagi yang air ketubannya kurang dan bayinya sungsang, tentu harus minum air yang banyak," paparnya. Dokter yang memiliki nama lengkap dr. Jenny Jusuf, MSi, Med, SpOG tersebut juga menyarankan untuk berdoa dan berkomunikasi dengan bayi. "Ajak bayi berkomunikasi dan yang penting tidak komunikasinya, tapi usaha ibunya," jelas dia. (Red-HB35/Foto: Harianblora.com).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Cara Mengatasi Bayi Sungsang Saat Usia Kehamilan 7 Bulan Harus Diketahui Ibu Hamil di Blora Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora