Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah Qurban.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Friday, 9 January 2015

Dana Sertifikasi Disunat, Guru di Lingkungan Kemenag Blora Galau



Blora, Harianblora.com – Galau. Ya, demikian kondisi sejumlah guru di Kabupaten Blora. Pasalnya, akibat dana sertifikasi disunat, guru di lingkungan Kemenag Blora galau. 

Seharusnya para guru di lingkungan Kantor Kementrian Agama (Kemanag) Kabupaten Blora mendapatkan dana tunjangan sertifikasi full, namun mereka dikenai potongan uang sebesar Rp.50.000 perbulannya untuk disetorkan kepada koordinator di masing-masing kecamatan. 

Salah satu guru Mts di Blora yang tidak mau menyebutkan namanya mengaku selama Desember 2014 telah terjadi pemotongan dana tunjangan sertifikasi. Dana tersebut, sudah caur dab masuk rekening para guru berkaitan yang mendapatkan sertifikasi, namun mereka diwajibkan untuk untuk menyetor uang sebesar Rp.50.000 perbulan kepada koordinator kecamatan.

“Setiap guru menyetorkan dana kepada KKG dan atau MGMP. Besarnnya 50 ribu, dan jika di rapel setahun ya 600 ribu,” jelasnya kepada wartawan. Hal itu disampaikan pada Kamis (08/01/2015) saat ia galau akibat penyunatan tersebut.

Dana tersebut, disetorkan kepada Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sebesar Rp 50.000. Guru yang enggan menyebutkan namanya tersebut mengaku, belum tahu secara jelas dana Rp 50.000 itu untuk apa. “Saya tidak tahu dana itu untuk apa, untuk kegiatan apa. Paling ya masuk ke kantong pimpinan. Tanyakan kepada koordinator kecamatan dan pimpinan aja mas” paparnya.

Ia juga mengatakan, hal itu sudah menjadi hal biasa setiap bulan di setiap tahun meneria dana sertifikasi. Ia mengaku tidak berani melakukan apa-apa, karena takut dan tidak berani memrotes. “Kalau itu merupakan perintah pimpinan dimasing-masing kecamatan, kita sekedar guru ya tidak berani menolak. Takut semua, kita cuma beraninya di belakang,” terangnya singkat.

Guru tersebut bersama para guru lain merasa galau karena belum jelas alasan pemotongan uang itu untuk. Namun ia juga mengatakan, jika jelas untuk apa dan lari ke mana, ia juga tidak ada masalah. Yang paling penting, menurutnya adalah transparansi dan keterbukaan. (Red-HB18/Foto: Harianblora.com). Baca juga:Ini Lo Kronologi Pemerkosaan Mahasiswa Unnes dengan Siswi SMA Kendal.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Dana Sertifikasi Disunat, Guru di Lingkungan Kemenag Blora Galau Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora