Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah Qurban.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Friday, 9 January 2015

Warga Nglobo Blora Mengeluh Karena Limbah Penambangan Sumur Migas


Limbah bekas pengolahan migas.

Blora, Harianblora.com – Warga Nglobo Blora mengeluh karena limbah penambangan sumur migas, khusunya warga Desa Nglobo, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora. Dalam beberapa bulan ini, mereka galau dan mengeluh karena pembuangan lombah minyak hasil penambangan sumur migas di wilayah tersebut. Warga setempat mengaku, sistem pengolahan limbah penambangan sumur migas kurang baik, bahkan menjadi penyebab pencemaran lingkungan.

Menurut salah satu warga, Handoko, mengaku ada beberapa penambang di wilayah tersebut saat ini kurang peduli dan memperhatikan dampak lingkungan bagi warga setempat. Warga Nglobo tersebut mengaku para penambang justru membuang air limbah tersebut dengan mengalirkannya ke sungai-sunagi pengairah yang merugikan warga.

“Rata-rata, semua penambang di sini melakukan kejahatan lingkungan, dengan membuang limbah minyak tanpa peresapan” jelasnya pada Kamis, (08/01/2015). Handoko juga menunjukkan beberapa aktivitas penambangan dan pengolahan limbah. Tampak beberapa aktivitas sumur yang aktif dan ada juga yang tidak aktif. 

Dari hasil pemantauan di lapangan, ditemukan salah satu penambangan sumur migas bekas PT. Pertamina EP. Warga menduga, PT itu lah yang sering melakukan pembuangan limbah migas dan mengalirkannya ke sungai.

Warga setempat mengaku, pembuangan limbah air bekas migas tersebut sering dilakukan pagi hari dengan mengalirkannya ke sungai-sungai. Modusnya, pembuangan limbah tersebut dilakukan pagi hari, karena saat itu aktivitas warga belum sibuk dan belum banyak orang yang tahu. 

Sebenarnya warga geram, namun belum berani bertindak. Menurut Handoko, pembuangan limbah air bekas migas tersebut sekitar jam 5 dan 6 pagi. Dikarenakan sering dialiri limbah bekas migas, sungai di sekitar rumah warga Nglobo menjadi keruh, pekat minyak dan kotor bahkan mematikan ikan-ikan di sungai tersebut.

Menurut Handoko, aktivitas penambangan bekas PT. Pertamina EP di desa Nglobo saat ini dikelola PT. Geo Cepu Indonesia (PT. GCI). Perusahaan ini merupakan perusahaan yang diberikan KSO oleh PT. Pertamina EP untuk melakukan ekploitasi sumur milik PT. Pertamina EP. Namun Handoko dan warga lain tidak berani protes atas perbuatan yang merugikan warga tersebut. (Red-HB12/Foto: KJ). Baca juga: Semburan Lumpur di Nglobo Ramai di Media.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Warga Nglobo Blora Mengeluh Karena Limbah Penambangan Sumur Migas Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora