Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah Qurban.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Tuesday, 13 January 2015

Distributor Pupuk CV Yunita Jaya di Jl Raya Rembang-Blora Disidak



Rembang, Harianblora.com – Distributor Pupuk CV Yunita Jaya yang berada di Jl Raya Rembang-Blora disidak pada Senin (12/1/2015). Inspeksi mendadak atau sidak tersebut dilakukan oleh Komisi B Bidang Ekonomi DPRD Rembang di gudang distributor pupuk CV Yunita Jaya, namun anggota dewan tersebut tak bisa masuk karena pemilik gudang mengaku kunci gudangnya tak ia bawa. Menurut pemilik gudang, kunci gudang dibawa sopir yang saat itu kebetulan tengah mengirim pupuk ke kecamatan Sarang.

Sidak tersebut merupakan tindak lanjut dari keluhan beberapa petani karena kelangkaan pupuk. Lantaran gudang dikunci rapat, anggota dewan Komisi B tersebut tak bisa memasuki gudang. Anggota dewan tersebut akhirnya curiga dan merasa ada yang janggal, apalagi, Joko Budi Cahyono pemilik gudang tidak membawa kunci gudang.

Harno Ketua Komisi B DPRD Rembang mengatakan pihaknya mengecek gudang penyangga PT Petrokimia Gresik di Lasem. Di sana, persediaan masih cukup banyak, karena kapasitas gudang mampu menampung sampai 2.500 ton.

Dalam rangka membuktikan kebenaran berita pupuk langka dan sulit, pihaknya secara intens dan berkala akan terus mengecek hingga ke pengecer. Pihaknya berharap kepada pemerintah desa untuk mengaktifkan kelompok tani, dengan tujuan agar distribusi pupuk terkontrol.

Yudianto salah satu anggota komisi B DPRD Rembang mengatakan gudang sekelas distributor harusnya memiliki stop pupuk. Jika tidak, maka ada kesalahan. Distributor, menurutnya wajib memiliki surat tanda terima pengiriman barang dari pengecer, hal itu perlu dilakukan untuk menepis kecurigaan pupuk dari luar daerah.

Selaku pemilik gudang, Joko mengatakan saat ini tidak ada stop pupuk di gudangnya, pasalnya sudah didistribusikan ke kelompok tani. Pihaknya memiliki daftar pesanan untuk mengantisipasi penyimpangan, sehingga jumlah yang tersalurkan sesuai pengajuan petani.  Namun dalam hal kelangkaan pupuk, Joko menduga ada stok pupuk yang dilarikan ke luar daerah. (Red-HB23/Foto: R-R2B). Baca juga: Pemprov Jateng Turun Tangan Atasi Kekurangan Pupuk di Blora, Rembang, Pati dan Grobogan.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Distributor Pupuk CV Yunita Jaya di Jl Raya Rembang-Blora Disidak Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora