Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah Qurban.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Friday, 16 January 2015

Gubernur Jateng Targetkan Pembangunan Waduk di Blora dan 4 Daerah Lain

Jogjakarta, Harianblora.com - Ganjar Pranowo Gubernur Jateng targetkan pembangunan waduk di Blora dan 4 daerah lain di Jawa Tengah. Ia menargetkan 5 waduk baru di Jateng sebagai cara mewujudkan infrastruktur irigasi untuk mendukung ketahanan pangan di Jawa Tengah.

Ganjar yang juga mantan anggota DPR RI ini mengatakan akan ada proyek agak besar di provinsi Jateng. Pihaknya menargetkan minimal ada lima waduk baru, meliputi Kota Semarang, Waduk Gondang di Kabupaten Karanganyar, di Kudus, di Matanggeng Cilacap dan di Blora. "Memang akan ada proyek agak besar di Jawa Tengah. Kami targetkan minimal ada lima waduk baru," ujar Ganjar Jumat (16/1/2015) saat di Jogjakarta.

Dalam rangka penambahan waduk baru di Jateng tersebut, hingga kini menurut Ganjar sudah terlaksana peletakan baru pertama. Peletakan batu tersebut juga disebut "ground breaking" pembangunan di Waduk Gondang di Kabupaten Karanganyar dilanjutkan Kudus dan Karanganyar.

Pembangunan waduk di Kota Semarang, menurut Ganjar sudah selesai. "Nanti kami akan lanjutkan di Matenggeng Cilacap serta Blora. Tidak tahu nanti Purworejo bisa masuk atau tidak," jelasnya.


Apalagi pembangunan tersebut segera terlaksana, maka akan mampu menunjang produksi pertanian di provinsi Jateng. Pasalnya, Jateng diharapkan mampu menjadi penopang ketahanan pangan nasional.

Tak hanya upaya pembangunan waduk baru, Pemrov Jateng juga menggencarkan pembangunan embung yang berfungsi sebagai penampungan air, juga untuk kebutuhan pengairan sawah dan sebagainya. Kalau areanya (sawah) tidak masuk aliran itu, kata Ganjar, maka akan diberikan embung, baru kalau kepepet tetap tidak bisa ya terpaksa menggunakan air tanah.

Pada tahun 2015 Jawa Tengah menurut Ganjar menargetkan produksi padi mencapai 1,5 juta ton, meskipun hingga saat ini telah mengalami surplus padi mencapai tiga juta ton.


Seperti yang kita ketahui, saat ini potensi waduk di Jawa Tengah perlu diperhatikan pemerintah Jateng. Seperti contoh di Blora, seharusnya pemerintah memperhatikan waduk-waduk tersebut dengan mengawalnya. (Red-HB14/Foto: Harianblora.com),
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Gubernur Jateng Targetkan Pembangunan Waduk di Blora dan 4 Daerah Lain Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora