Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Tuesday, 6 January 2015

Kaos Blora Bumi Samin Menjadi Potensi Bisnis di Jateng



Blora, Harianblora.com – Kaos Blora Bumi Samin menjadi potensi bisnis di Jateng yang sangat menjanjikan. Pasalnya, perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Blora kini terus melaju seperti pesat jet. Semakin unik lagi, kabupaten yang memiliki julukan Bumi Samin ini menjadi ikon di kaos, baju maupun kerajinan berupa souvenir lain.

Tidak hanya di Blora sendiri, kini kaos-kaos khas Blora sudah bertebaran di seputar daerah Kudus, Demak, Pati, Rembang juga Kota Semarang. Tak hanya bertuliskan Bumi Samin, banyak kaos Blora yang kini menjadi identitas Blora. Di antaranya Samin Surosintiko, I Love Blora dan sebagainya.

Salah satu warga Blora, Firman Badri Ardiansyah (23), mengaku menjempai kaos-kaos Blora di berbagai daerah. “Saat tahun baru kemarin, saya melihat beberapa penjual kaos khas Blora di Kota Semarang,” paparnya kepada Harianblora.com, Selasa (6/1/2015). Menurut mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Semarang tersebut, kaos khas Blora turut mengampanyekan budaya lokal Blora di Jawa Tengah.

Tidak hanya budayanya lewat pertunjukan seni, katanya, kaos Blora juga turut menjadi ikon dan landmark Blora. Ia mengaku, sudah mengoleksi sekitar 7 kaos khas Blora. “Yang paling saya suka adalah Blora Bumi Samin, selain mengampanyekan ajaran Samin, kaos itu hanya dimiliki Blora,” ujarnya.

Yang paling disukai di Blora, menurut Firman adalah tentang Barongan dan Samin. “Tapi kalau dari masyarakat luar Blora ya tentang Samin dan Pram saja,” ujarnya.

Menurut mahasiswa asal Blora tersebut, jika ingin mengetahui identitas orang Blora adalah dengan mengenali kaos yang dipakainya. “Kalau memakai kaos khas Blora, saya yakin orang tersebut pasti orang Blora atau memang suka dengan budaya dan kearifan Blora,” ujarnya. (Red-HB20/Foto: HarianBlora.com). Baca juga: Pengusaha Kaos Blora Bumi Samin Berpenghasilan 15 Sampai 20 Juta Perbulan.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Kaos Blora Bumi Samin Menjadi Potensi Bisnis di Jateng Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora