Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah Qurban.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Saturday, 17 January 2015

Manfaat Pare Bagi Perempuan, Ini Salah Satu Makanan Khas Blora

Blora, Harianblora.com - Manfaat Pare bagi perempuan sangat bergaram, ini adalah salah satu makanan khas Blora yang harus diketahui masyarakat. Pare, merupakan salah satu tumbuhan yang hidup di Indonesia, khususnya di Blora yang mudah ditemui. Warnanya hijau dan rasanya pahit, namun siapa sangka jika pare menyimpan sejuta manfaat, khususnya bagi perempuan.

Pare, biasa disebut pare atau "paria" atau dengan nama lain "momordica charantina".  Selain digunakan untuk makanan, atau orang Blora sering menyebutnya "lawoh", pare juga dikembangan untuk obat tradisional.

Dijadikan Makanan
Biasanya, warga Blora membuat pare dengan berbagai macam masakan, ada yang dimasak, dioseng, sampai ditumbuk dihaluskan untuk jus.

Akan tetapi, tidak semua masyarakat Blora doyan dengan makanan yang pahit ini. Selain pahit, ia juga memberi bau yang khas, sehingga jika dicium terlalu lama akan membuat kepala pusing. Juga jika dimakan terlalu banyak akan membuat lidah bergoyang-goyang.

Salah satu penikmat pare adalah Sumarni (46), ia adalah warga Blora yang memiliki 4 anak dan 5 cucu. "Saya sudah menikmati pare sejak kecil," katanya kepada Harianblora.com.

Menurut Marni, sapaannya, rasa pare memang pahit, tapi ia percaya bahwa pare sangat bergizi. "Sejak kecil saya sudah mengonsumsinya dan terbukti saya sehat sampai sekarang," papar ibu rumah tangga tersebut.

Berkhasiat Bagi Perempuan
Pare juga banyak dimanfaatkan orang di luar negeri, termauk Meksiko, Brazil, Inggris dan sebagainya. Bagi perempuan, pare bisa memberi manfaat yang luar biasa. Seperti yang dilansir situs Bidanku, pare sangat bermanfaat bagi perempuan, khususnya di bawah ini:

1. Pare mampu mengusir diabetes.
2. Mengakal sel kanker.
3. Menurunkan berat badan (bisa digunakan untuk diet).
4. Membersihkan darah.
5. Mengatasi asma.
6. Mengatasi HIV/AIDS
7. Berkhasiat untuk kecantikan.

Sebagian masyarakat sudah melakukan pengobatan tradisional dari bahan pare. Mulai dijus, dimasak sampai dimakan mentah. Meskipun pahit, pare sangat kaya khasiatnya. (Laporan Khusus Redaksi Harianblora.com/Foto: Harianblora.com).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Manfaat Pare Bagi Perempuan, Ini Salah Satu Makanan Khas Blora Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora