Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Sunday, 11 January 2015

Nagasari Khas Blora Jadi Makanan Wajib Saat Selametan

Blora, Harianblora.com - Siapa warga Blora yang tak kenal nagasari? Dari dulu sampai saat ini Nagasari Khas Blora Jadi Makanan Wajib Saat Selametan. Tak hanya bubur merah, bubur putih, lemper, namun nagasari juga khas dan unik bagi masyarakat Jawa khususnya Blora.

Dalam Jawa, nagasari disebut juga "negosari". Makanan ini adalah makanan yang sejenis dengan kue, terbuat dari tepung beras, santan, gula, yang biasa diisi dengan pisang, khususnya pisang raja yang sudah agak matang.


Cara memasaknya adalah dengan dikukus, dibungkus daun pisang. Uniknya, kebanyakan di Blora tidak hanya dilipat, namun sebagian masyarakat memakai lidi untuk penguat bungkusan pada nagasari tersebut.


Tak hanya memakai daun pisang, ada juga masyarakat yang memakai bungkus nagasari dengan daun pandan, sehingga aromanya sangat genit menggoda nafsu makan.


Dalam acara selamaten, nagasari jadi makanan wajib di Blora. Tiap kali ada orang punya gawe, makanan ini selalu ada. Bahkan, banyak juga masyarakat membuat nagasari untuk lamaran saat menjelang pernikahan.


Berbagai macam isi, kini juga sudah dikembangkan, asalnya hanya isi pisang. Namun kini, isi di dalam nagasari juga ada yang berupa buah nangka, cokelat, keju, gula jawa. Bahkan ada pula yang hanya putihan, tanpa isi. Semua itu adalah sesuai selera. (Red-HB12/Foto: Harianblora.com).


Baca juga : Iki Lo Lemper Khas Blora, Ketannya Melekat Kental di Lidah


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Nagasari Khas Blora Jadi Makanan Wajib Saat Selametan Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora