Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Sunday, 11 January 2015

Iki Lo Lemper Khas Blora, Ketannya Melekat Kental di Lidah

Blora, Harianblora.com - Lemper khas Blora, ketannya melekat kental di lidah bagi siapa saja menikmatinya. Lemper, ya makanan ini tidak hanya berada di Jawa, namun juga di Indonesia bahkan di dunia.

Lemper Blora, sangat mudah ditemukan. Ia selalu menjadi makanan wajib saat ada orang punya gawe, seperti mantenan, khitan, sampai selamaten.


Dalam kamus kuliner, lemper adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar ketan, yang dibentuk bulat lonjong pendek seperti lontong. Di dalamnya, diberi abon dan dibungkus dengan daun pisang.


Saat ini, tidak hanya daun pisang, namun di kota-kota, lemper sudah dibungkus dengan plastik, kertas dan sebagainya. Ada juga yang memberi isian lemper dengan cincangan daging ayam, daging bebek, ikan teri dan sebagainya.


Salah satu pecinta kuliner Blora, Izwan Ghozali (25) mengatakan sangat mencintai lemper. "Lemper bagi saya makanan dunia, terbukti banyak nama orang yang memakai lemper," paparnya, Minggu (11/1/2015). Soal rasa, kalau ketannya bagus, lanjutnya, pasti lemper tersebut kental menempel di gigi.


Lemper adalah identitas Jawa, terutama di Blora yang sampai saat ini masih membuat lemper dalam berbagai acara. (Red-HB15/Foto: Harianblora.com).


Baca juga : Serabi Khas Blora Berbeda dengan Serabi Khas Pati
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Iki Lo Lemper Khas Blora, Ketannya Melekat Kental di Lidah Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora