Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Tuesday, 13 January 2015

Wah, PLTGU Karimunjawa Jepara Andalkan Gas dari Cepu Blora



Jepara, Harianblora.com – Sampai detik ini, operasi Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) di Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah belum jelas. Bahkan, PLTGU Karimunjawa Jepara Andalkan Gas dari Cepu Blora. Tak hanya itu, soal biaya produksi dan ongkos distribusi gas dari Cepu menuju Karimunjawa juga menjadi kendala. Hal itu menjadi salah satu faktor penghambat lambatnya PLTGU tersebut.

PLTGU berkapasitas 3 megawatt (MW) tersebut sesuai rencana dibangun di Dukuh Legon, Desa Karimunjawa, Kecamatan Karimunjawa, Jepara yang dimulai awal tahun 2014. Kemudian, PLTGU tersebut bisa beroperasi mulai Agustus 2014. Sedangkan pembebasan lahan, dimulai sejak tahun 2013.

Akan tetapi, hal itu diundur pada Maret 2015, pasalnya banyak problem yang menghadang. Hal itu, juga masih memperhatikan ketersediaan gas dari Cepu Blora yang menjadi bahan bakar utama PLTGU Karimunjawa tersebut.

Pada Senin (12/1/2015), M Taksinul Khuluq Camat Karimunjawa Jepara mengatakan tidak mengetahui kapan PLTGU bisa resmi beroperasi. Pihaknya kepada wartawan mengaku, sudah ada kabel yang terpasang, namun yang lain ia belum mengetahuinya. "Kalau kabel sudah terpasang. Tapi yang lain-lain belum," ujarnya.

Selain itu, beberapa kompenen penting, seperti bentuk fisik pembangkit untuk PLTGU, trafo dan alat lain yang berkapasitas sebanding dengan yang dibangun di Kabupaten Pelelawan Provinsi Riau ini belum ada di Kepulauan Karimunjawa, Jepara. Maka tidak heran jika operasional PLTGU Karimunjawa tersebut belum jelas sampai detik ini. (Red-HB23/Foto: PLTGU Karimunjawa). Baca juga: Alhamdulillah, Pencuri Bantalan Rel Kereta Api Blora Ditangkap.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Wah, PLTGU Karimunjawa Jepara Andalkan Gas dari Cepu Blora Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora