Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Wednesday, 7 January 2015

Budidaya Semut Jepang Harus Dikembangkan di Kabupaten Blora



Blora, Harianblora.com – Budidaya Semut Jepang harus dikembangkan di Kabupaten Blora. Selama ini, manfaat Semut Jepang masih jarang diketahui publik. Padahal Semut Jepang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Hal itu dikemukanan Eko Sudibyo (29) warga Blora yang kini sedang belajar beternak Semut Jepang.

Menurut Eko, budidaya semut Jepang selain menghasilkan rupiah, juga memberi dampak kesehatan jika dikonsumsi. “Awalnya saya penderita diabetes, akhirnya mengonsumsi semut Jepang dan saat ini mencoba menernaknya,” kata Eko kepada Harianblora.com. Perawatan semut Jepang menurut Eko sangat gambang. Yang penting kita telaten, katanya, dan rajin memberi makan.

Setahu saya, lanjut Eko, semua Jepang sangat bermanfaat untuk mengobati segala macam penyakit. “Mulai dari diabetes, menormalkan asam urat, menurunkan demam, menormalkan kolesterol, menstabilkan tekanan darah bagi penderita hipertensi, mengobati penyakit jantung dan menambah vitalitas bagi laki-laki dan sebagainya,” katanya, Rabu (7/1/2015).

Semut Jepang Asli
Dari berbagai penelitian juga disebutkan semut Jepang mampu mengobati berbagai macam penyakit. Masyarakat, menurut Eko harus mengetahui jenis semut Jepang yang asli. Ciri-ciri semut Jepang yang asli itu berbadan keras, hidup berkelompok, suka reproduksi, bersayap tetapi tidak dapat terbang dan semut Jepang bukan hewan kanibal.

Seperti yang dijelaskan pada ahli,  semut Jepang merupakan salah satu hewan asli dari negara Jepang. Untuk memelihara jenis serangga ini tidak terlalu sulit, selain tak memakan tempat yang luas. “Kita cukup menggunakan toples, kapas, ragi tape,” kata Eko.

Ada beberapa tips yang Eko jelaskan untuk memelihara semut unik tersebut. Hal yang paling utama adalah kita harus memiliki atau bisa membeli semut Jepang. Kedua, kita harus menyediakan toples yang sudah diberi lobang pada tutupnya. “Kalau tidak ditutup juga tidak ada masalah, karena juga berfungsi sebagai keluar masuk udara,” terangnya.

Ketiga, kita harus menyediakan kapas dan ragi tape. Keempat, masukkan kapas dan ragi tape juga semutnya. “Hanya dalam waktu satu bulan semua bisa bertelur dan menetas,” ujar Eko. Kalau mau mengonsumsinya, ujar Eko, cukup 3 semua lalu diminum bersama air putih yang bersih. (Red-HB30/Foto: Harianblora.com). Baca juga: Manfaat Umbi Talas Khas Blora untuk Kesehatan.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Budidaya Semut Jepang Harus Dikembangkan di Kabupaten Blora Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora