Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Wednesday, 31 December 2014

Makanan Khas Blora, Manfaat Umbi Talas Blora

Blora, Harianblora.com – Jika digali, makanan khas yang asli Kabupaten Blora sangat banyak. Mulai dari makanan, minuman, jajanan ringan sampai sayur yang digunakan untuk pengiring waktu makan, baik makan pagi, siang dan malam.

Sayur umbi talas, atau orang Japah, Blora sering menyebutnya jangan tales ini menjadi makanan khas Blora, manfaat umbi talas Blora juga beragam. Salah satu warga Japah, Sutini (49), ia sejak kecil sudah mengonsumsi buah talas yang dijadikan kuah saat makan. “Kulo pun dangu lawoh jangan tales, manfaate katah,” ujarnya, saat ditemui Harianblora.com, Rabu (31/12/2014).

Ibu dari 4 anak yang sehari-hari bekerja sebagai petani ini memasak talas menjadi kuah yang dicampur dengan daun ketela. “Nek dicampur kaleh godong telo rasane tambah sae,” ujarnya dengan bahasa Jawa.

Umbi talas, menurut Sutini sangat mudah didapatkan di Blora. “Teng tegal katah tinggal nduduk kaleh pacul,” jelasnya.

Umbi talas, juga sering disebut mbothe. Dari segi jenis, ada beberapa jenis talas. Pertama, yaitu talas pandan. Jenis ini berbau seperti pandan wangi. Ia lebih wangi setelah dimasak. Warna umbi talas jenis ini sedikit ungu dan pelepahnya cokelat. Kedua, jenis talas ketan. Warna talas ini agak hijau muda, talas jenis ini sangat banyak ditemukan di Bogor. Ketiga, jenis talas lahun anak, ia memiliki banyak anak yang jenisnya kecil ukurannya. Keempat, talas banteng yang besar umbinya, namun jarang dikonsumsi masyarakat.

Dari berbagai riset, talas sangat bermanfaat untuk meningkatkan pencernaan di tubuh manusia. Talas, bisa dimasak dengan berbagai cara, juga bisa menurunkan kadar gula darah. Jenis tumbuhan ini, sangat banyak ditemukan di Blora, yang bisa mencegah beberapa jenis kanker dari yang biasa sampai yang akut.

Hasil penelitan Dalimartha dan Setiawan (2007) juga menyebutkan talas sangat mengandung karbohidrat tinggi. Di buku Atlas Tumbuhan Obat Indonesia, juga disebutkan bisa melindungi kulit, meningkatkan kesehatan mata juga meningkatkan sirkulasi darah serta menurunkan tekanan darah.
Meskipun dikenal masyarakat Blora kurang menarik dan enak, tapi sebenarnya talas mampu membantu sistem kekebalan tubuh. Tumbuhan ini sangat bermanfaat juga untuk mencegah penyakit jantung dan bisa mendukung kesehatan otot dan saraf.

Tidak hanya di Blora atau Indonesia, talas sudah dikembangkan sebagai obat di berbagai negara, seperti Afrika, India, Jepang, Mesir, Suriname, Amerika Serikat, Fiji, dan Spanyol.


Tumbuhan ini, ternyata sangat mengandung serat dan karbohidrat. Talas juga mengandung vitamin A, C, E, B6, dan folat, serta magnesium, besi, zinc, fosfor, kalium, mangan, dan tembaga. Jadi, masyarakat Blora harus sadar, ternyata talas yang dipandang sebelah mata dan menjadi makanan orang desa ini sangat bermanfaat bagi kehidupan. Jika tak doyan memakan dengan cara dimasak, kita bisa menjadikan talas sebagai sayuran untuk makan seperti yang sudah dilakukan warga Japah, Blora. (Laporan Khusus Harianblora.com/Foto: Harianblora.com).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Makanan Khas Blora, Manfaat Umbi Talas Blora Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora