Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Wednesday, 7 January 2015

Pilkada Blora dan 15 Kabupaten Lain Siap Dilaksanakan dengan Anggaran Rp 325 Miliar



Semarang, Harianblora.com – Pilkada Blora dan 15 kabupaten lain siap dilaksanakan dengan anggaran Rp 325 miliar. Pemilihan kepala daerah yang rencananya digelar pada 2015 di 16 kabupaten/kota di Jawa Tengah dananya mencapai Rp 325 miliar. Hal itu diungkapkan Drs Joko Purnomo, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah, Selasa, (6/1/2015).

Ketua KPU Jawa Tengah tersebut mengatakan ke 16 kabupaten/kota di Jateng yang akan melaksanakan pilkada itu saat ini masih bersiap-siap. Ke 16 kabupaten/kota di Jateng tersebut meliputi Kota Semarang, Kota Pekalongan, Kota Surakarta, Kota Magelang, sedangkan untuk kabupaten yaitu Kabupaten Rembang, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Kendal, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Semarang, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Klaten, dan Kabupaten Blora.

Menurutnya, anggaran pilkada tersebut menghabiskan dana sebesar Rp 325 miliar karena dua putran. Anggaran pilkada untuk dua putaran yang diajukan oleh 16 KPU kabupaten/kota itu nominalnya berbeda-beda, ujarnya, dan ada yang sudah disetujui serta masih dalam pembahasan. Joko menyatakan anggaran 16 pilkada kabupaten/kota di Jawa Tengah itu dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah masing-masing kabupaten/kota.

Joko yang juga mantan Ketua KPU Kabupaten Wonogiri menjelaskan KPU Kota Semarang menganggarkan Rp 46 miliar untuk pemilihan walikota (pilwakot). Untuk kota yang lain, seperti Surakarta, Magelang, dan Pekalongan hanya di bawah Rp 10 miliar. "KPU Kota Semarang menganggarkan Rp46 miliar guna pilwalkot, namun ada yang menganggarkan di bawah Rp10 miliar seperti Kota Surakarta, Kota Magelang, dan Kota Pekalongan,” kata Joko.

Jika pilkada hanya berlangsung 1 putaran saja, menurut Joko anggaran yang keluar hanya setengah dari total anggaran yang diajukan. Joko yang juga alumni HMI tersebut menjelaskan KPU Jawa Tengan dan 16 KPU kabupaten/kota telah menyiapkan dua skenario tahapan jika penyelenggaraan pilkada dilakukan serentak pada 2015 atau 2016.

Kalau Perppu Nomor 1 Tahun 2014 disetujui oleh DPR pada Januari ini, kata Joko, maka pilkada akan dilaksanakan Desember 2015. “Tapi kalau persetujuannya lebih dari bulan ini maka pilkada akan berlangsung pada 2016,” ujar Joko.

Komisi Pemilihan Umum selaku penyelenggara pilkada, menurut Joko siap melaksanakan pilkada di 16 kabupaten/kota di Jawa Tengah karena regulasi, anggaran, dan berbagai kebutuhan logistik telah tersedia.

Saat ini, menurut Joko, KPU Jateng masih menunggu pengesahan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota terkait dengan jadwal pelaksanaan pemilihan kepala daerah di 16 kabupaten/kota pada 2015. (Red-HB30/Foto:Harianblora.com).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Pilkada Blora dan 15 Kabupaten Lain Siap Dilaksanakan dengan Anggaran Rp 325 Miliar Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora