Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Friday, 2 January 2015

SMA N 1 Blora Memiliki Group Seni Barongan Blora



Barongan SMA N 1 Blora dalam acara Gebyar Seni Blora
Blora, Harianblora.com – SMA N 1 Blora memiliki group seni Barongan Blora. Barongan Blora merupakan kesenian asli Kabupaten Blora yang sudah sepatutnya untuk dilestarikan khususnya bagi kaum muda. Kaum muda hendaknya tidak boleh melupakan kebudayaan mereka sendiri. 

Hal inilah yang dilakukan oleh beberapa siswa SMA N 1 Blora. Dengan berbekal kecintaan terhadap Barongan Blora dan bakat yang dimiliki, mereka berhasil membentuk group seni Barongan yang seluruh penari dan penabuh gamelan merupakan siswa-siswi SMA N 1 Blora.



“Seni barong SMA N 1 Blora memiliki kualitas yang tidak kalah bagus jika dibandingkan dengan group seni Barongan yang telah ada di Kabupaten Blora. Bahkan kualitas kami bisa lebih bagus. Kami disini menari berdasarkan bakat yang kami miliki” ujar Bhito, salah seorang siswa SMA N 1 Blora.



Penari dan penabuh gamelan yang ada dalam group seni barong SMA N 1 Blora bukanlah siswa yang awam dengan kesenian asli Blora ini, tetapi mayoritas penari dan penabuh gamelan merupakan siswa-siswi yang telah menjadi seniman Barongan profesional yang tergabung dalam beberapa group seni barong yang ada di Kabupaten Blora.



“Banyak anggota group seni barong di Kabupaten Blora yang bersekolah di SMA N 1 Blora. Hal inilah yang mempermudah kita untuk membentuk seni Barongan SMA N 1 Blora. Jadi kami tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mementaskan Barongan Blora misalnya saja ketika kami disuruh untuk pentas dalam acara Gebyar Seni Blora, hanya dalam waktu sehari kita sudah dapat meyajikan penampilan yang memukau” papar Dio, salah satu seniman Barongan Blora yang bersekolah di SMA N 1 Blora.



Barongan SMA N 1 Blora dalam acara Gebyar Seni Blora
Beberapa penari maupun penabuh gamelan group seni Barongan terkenal di Kabupaten Blora memang banyak yang bersekolah di SMA N 1 Blora, antara lain seni Barongan Risang Guntur Seto, Bifang Kencana, Singo Taruno Wijoyo, Singo Mataram Joyo, Mahesa Jenar, Singo Mulang Joyo, Bakti Muda, Kumoro Seto, dan Selo Ghanti. Sehingga group seni barong SMA N 1 Blora bisa dibilang merupakan gabungan dari group-group seni Barongan yang telah termashur di Blora  



“Seni Barongan SMA N 1 Blora telah dipercaya untuk beberapa kali pentas, misalnya dalam acara gebyar seni Blora, HUT SMA N 1 Blora, dan HUT Pramuka. Kami berharap seni barong SMA N 1 Blora diberi lebih banyak kesempatan untuk pentas di sekolah maupu diluar sekolah. Kami juga berharap agar lebih banyak instansi yang mengundang kami untuk pentas” ujar Bagus, salah seorang pencinta Barongan Blora yang juga siswa SMA  1 Blora

“Hambatan yang kami alami yaitu peralatan Barongan, kostum, dan gamelan di SMA yang belum memadai. Tetapi dapat kami atasi dengan cara membawa gamelan, kostum, maupun perlengkapan Barongan dari rumah atau group Barongan masing-masing” ungkap salah seorang siswa SMA N 1 Blora yang juga seniman Barongan Blora.



(Red-HB33/Foto: Harianblora.com/IBK).



  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: SMA N 1 Blora Memiliki Group Seni Barongan Blora Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora