Harianblora.com Mengucapkan Selamat Menjalankan Puasa Ramadan&Mengajak Warga Jaga Kesehatan&Memutus Penyebaran Corona

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Tuesday 14 April 2015

Kamaba Yogyakarta Tampilkan Barongan Blora dalam Gelar Budaya Jawa Tengah



Yogyakarta, Harianblora.com –  Kamaba Yogyakarta tampilkan Barongan Blora dalam Gelar Budaya Jawa Tengah yang digelar di Gedung Basiyo XT-Square Yogyakarta. Acara ini merupakan pagelaran seni yang diprakarsai oleh Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa (IKPM) Jawa Tengah yang dihela mulai dari 11 April 2015 sampai 12 April 2015.


Selaku komunitas dan organisasi mahasiswa Blora, Keluarga Mahasiswa Blora (KAMABA) Yogyakarta tal henti-henti mengampanyekan seni khas Blora tersebut. Maka dalam agenda tersebut, mereka tampil di penghujung acara dan mampu memukai pendatang.  Dawamun Ni’am Al Fatawi Ketua Umum IKPM Jateng mengatakan bahwa Barongan Blora sengaja dipentaskan di akhir agenda.

Dalam acara yang bertajuk Gelar Budaya Jawa Tengah yang diselenggarakan Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa (IKPM) Jawa Tengah ini, menampilkan kebudayaan daerah dari 14 kabupaten Jawa Tengah. Selain seniman, agenda ini juga dihadiri ribuan pengunjung dari berbagai penjuru.

Kampanyekan Barong Blora
Upaya mengampanyekan Barong Blora sudah dilakukan Kamaba Yogyakarta dengan berbagai agenda, salah satunya menampilkan dalam Gelar Budaya Jawa Tengah tersebut. Bahkan, di luar dugaan, meskipun tampil di akhir acara pukul 23.00 WIB, Barong Blora sukses menarik perhatian penonton, dengan konsep sederhana berdurasi sekitar 15 menit dikemas secara menarik.

Penonton terkejut setelah mengetahui bahwa yang berperan sebagai Gendruwo ternyata seorang gadis cantik, teriakan dan tepuk tangan bersahut-sahut.

Yuli Agustya yang berperan sebagai gendruwo menyatakan ketakjubannya saat tampil.  “Saat saya membuka topeng gendruwo tiba-tiba penonton sangat terkejut, mereka berdiri berteriak dan memberikan tepuk tangan yang meriah,” kata dia.

Kamaba Yogyakarta Begitu bangga ketika tepuk tangan meriah mengakhiri pertunjukan Barong Blora. Hal itu diungkapkan Ahmad Ihsan Syarifuddin salah satu personel panabuh gamelan saat pentas dalam agenda tersebut.

“Rasa lelah letih selama dua minggu berlatih terbayar setelah riuh tepuk tangan penonton menjadi penutup Barong Blora yang kami pentaskan,” ujar Ihsan.

Koordinator Divisi Kesenian, Minat dan Bakat KAMABA Yogyakarta Muhammad Cholidhi, berharap ke depan bisa mendirikan sanggar Barong, karena untuk sementara ini semua peralatan masih pinjam. Yogyakarta di ranah kebudayaan memiliki potensi yang sangat besar untuk membawa nama Blora di kota pelajar ini melalui budaya. (Baca juga: Gelar Budaya Jateng Diikuti 14 Seni Daerah).

“Melihat keseriusan pengurus dan anggota saat pentas kemarin besar harapan kami memiliki sanggar kesenian Barong, apalagi di Yogyakarta sering digelar event. Rasanya eman-eman kalau kita tidak bisa mengambil kesempatan,” tutur Cholidhi.

Bahkan setelah pementasan, Dinas Kebudayaan DIY menawarkan untuk tampil di acara Dialog Kebudayaan di Yogyakarta. Namun, karena keseluruhan alat masih pinjam dan harus segera dikembalikan tepat waktu, tentu KAMABA tidak ingin mengambil risiko. Dengan berat hati tawaran luar biasa tersebut kami tolak,” tegas Cholidhi. (Red-HB15/Foto: Kamaba Yogyakarta).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Kamaba Yogyakarta Tampilkan Barongan Blora dalam Gelar Budaya Jawa Tengah Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora