Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Natal dan Tahun Baru 2018.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Wednesday, 8 April 2015

Seni Barong Guntur Seto, Barongan Blora yang Berjaya di Propinsi Riau

Blora, Harianblora.com - Seni Barongan Blora merupakan kesenian rakyat yang merupakan warisan budaya leluhur asli Kabupaten Blora yang wajib kita lestarikan. Seni Barongan Blora bahkan semakin berkembang populasinya, tidak hanya di sekitar Kabupaten Blora, bahkan saat ini mulai bermunculan grup Seni Barongan Blora di luar pulau Jawa, yang sebagian besar didirikan oleh para pendatang dai Kabupaten Blora.

Salah satu grup Seni Barongan yang eksis di luar Jawa adalah Seni Barong Guntur Seto yang didirikan oleh Yugianto dan didukung para seniman pada tanggal 01 Januari 2010 di Desa Sebangar, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Propinsi Riau.

Yugianto sebagai orang asli Blora memiliki niatan yang kuat untuk melestarikan kesenian asli Blora ini hingga ke luar pulau Jawa, tepatnya di Propinsi Riau.

"Saya sebagai putra kelahiran Blora maka bertekad untuk melestarikan budaya bangsa Indonesia sekaligus mengembangkan pariwisata sebagai hiburan rakyat dimana saya berada. Di desa Sebangar, kec. Mandau,  kab.  Bengkalis, Propinsi Riau pertama kalinya tepatnya Tgl 1 Januari 2010 saya mendirikan Paguyuban kesenian, dan kesenian tersebut saya beri nama Paguyuban Seni Barong Guntur Seto" papar Yugianto, pemimpin Seni Barong Guntur Seto

Grup Seni Barongan Blora ini telah beberapa kali pentas dalam berbagai acara, seperti khitanan dan pernikahan. Peralatan Barongan yang dipakai adalah berasal asli dari Kabupaten Blora yang dibawa ke Riau.

"Atas kerjasama kawula muda dan dukungan masyarakat kami sengaja melakukan pentas seni di tempat-tempat yang strategis guna menghibur masyarakat, bahkan kami juga menerima undangan atau panggilan dari masyarakat yang mempunya hajatan atau pesta guna menghibur para tamu undangan yang hadir dan masyarakat sekitar"kata Yugianto.


Koleksi Terbaru Seni Barong Guntur Seto
Walaupun secara nama hampir sama, tetapi Seni Barong Guntur Seto berbeda dengan Seni Barong Risang Guntur Seto yang berasal dari Kelurahan Kunden, Kabupaten Blora. Walaupun berbeda,
Seni Barong Guntur Seto bertekad untuk selalu mengembangkan diri dan berusaha meraih kesuksesan di Riau. Bahkan baru-baru ini Seni Barong Guntur Seto akan mendatangkan sebuah kepala barongan buatan Bapak Budi dari Sanggar Risang Guntur Seto yang akan dibawa ke Propinsi Riau. (Red-HB31/GS, Harianblora.com).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Seni Barong Guntur Seto, Barongan Blora yang Berjaya di Propinsi Riau Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora