Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Wednesday, 15 April 2015

Umur Sunan Kalijaga adalah 126 Tahun, Benarkah?



Semarang, Harianblora.com – Dalama agenda Dialog Budaya yang diselenggarakan Forum Wartawan  Balaikota (Forwakot) Semarang pada Selasa (14/4/2015) malam di halaman Balaikota Semarang, ada pernyataan menarik yang dilontarkan Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun tentang umar Sunan Kalijaga.
 
Cak Nun dan Noe Letto di akhir acara Dialog Budaya, Selasa (14/4/2015) malam di halaman Balaikota Semarang.
Menurut Cak Nun, umur Sunan Kalijaga atau Sunan Kalijogo sekitar 126 tahun. “Umur Sunan Kalijaga adalah 126 tahun,”  jelas Cak Nun di hadapan ribuan masyarakat dalam agenda yang dihadiri pula Hendrar Prihadi Walikota Semarang tersebut.

“Namun sampai sekarang belum ada yang bisa memastikan,” tegas Emha. Maka, kata Cak Nun, beliau sampai ke Panembahan Senopati, sampai Sunan Kalijaga menolong Prabu Brawijaya 5 yang jumlahnya anaknya kurang lebih 117 orang.

“Jadi, saya harap ada yang meneruskan. Ya, pokoknya punya anak sampai 100 lebih lah. Radan Fatah kalau tidak adalah itu anak ke 19 dari Prabu Brawijaya 5,” kata Emha.

Hal unik dan informatif serta perlu dikaji itu disampaikan Cak Nun dalam agenda Hari Ulang Tahun HUT) Kota Semarang ke 468 tahun yang mengusung tema besar Rumangsa Handarbeni-Melu Hangrukebi-Mulat Sarira Hangrasa Wani.

Mengenai umur Sunan Kalijaga, sebenarnya selama ini belum ada bukti riil. Bahkan, sejarah Sunan Kalijaga di wikipedia hanya diperkirakan berumur lebih dari 100 tahun. Artinya, saat itu Sunan Kalijaga mengalami masa akhir kekuasaan Majapahit  sekitar tahun 1478, Kesultanan Demak, Kesultanan Cirebon dan Banten, bahkan juga Kerajaan Pajang yang lahir pada 1546 serta awal kehadiran Kerajaan Mataram dibawah pimpinan Panembahan Senopati.

Terlepas dari itu, Cak Nun tidak mempermasalahkan benar atau tidaknya. Akan tetapi lebih pada pemahaman dan pencarian kesejatian yang itu menjadi sifat dasar manusia Jawa. “Kita harus jadi Jawa sampai akarnya, tidak hanya bau dan batangnya,” tegas Cak Nun.

Untuk itu, kata dia, semua yang ada saat ini tidak Jawa. “Dari kebingungan yang memuncak, muncullah kesadaran baru,” ujar dia. (Red-HB35/Foto: Harianblora.com).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Umur Sunan Kalijaga adalah 126 Tahun, Benarkah? Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora