Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Saturday, 18 April 2015

Mahasiswa Blora di Luar Daerah Dikenal Cerewet Tapi Cerdas



Blora, Harianblora.com – Di dunia mahasiswa, semua punya julukan dan pameo masing-masing. Salah satunya adalah mahasiswa Blora di luar daerah dikenal cerewet tapi cerdas.  Hal ini tidak sekadar pameo, namun juga ada benarnya dan memakai landasan serta fakta empiris.
 
Salah satu kegiatan mahasiswa. Foto: Harianblora.com.
Kalau mahasiswa asal Pati dikenal galak, mahasiswa asal Jepara dikenal glamur dan high class, mahasiswa asal Kudus dikenal pelit, mahasiswa asal Grobogan dikenal playboy, maka mahasiswa asal Blora yang kuliah di luar daerah dikenal cerewet namun memiliki kecerdasan yang beda dengan mahasiswa lain.

Bagi Ahmad Fauzin Ketua Umum Lingkar Studi Mahasiswa (Lisuma) Cabang Blora, mahasiswa maupun mahasiswi asal Blora yang kuliah di luar daerah, dikenal cerewet tapi cerdas.

“Kalau setahuku, mahasiswa asal Blora yang kuliah di Semarang, Yogyakarta, Kudus, maupun Surabaya memang dikenal banyak omong tapi cerdas,” ujar dia, Sabtu (18/4/2015).

Kata Fauzin, mahasiswa di Blora yang memiliki orang tua dengan latar belakang apa saja, seperti petani, buruh, PNS, anggota Polri atau TNI, secara umum karakternya sama. “Ya, banyak mahasiswa Blora berprestasi di kampusnya masing-masing. Seperti contoh di Semarang, mahasiswa Blora yang kuliah di Undip, Unnes, UIN Walisongo, Unimus, Unissula, Untag, Unika, USM dan sebagainya, semuanya rata-rata berprestasi dan mendapatkan beasiswa,” ujar pria tersebut.

Tak hanya di Semarang, di Surabaya menurut Yoga (21) salah satu mahasiswa asal Blora yang kuliah di perguruan tinggi negeri di Surabaya juga mengakui hal itu. “Di kampus saya banyak mahasiswa asal Blora yang dapat prestasi terus, baik di seleksi mahasiswa beprestasi maupun saat wisuda banyak yang jadi lulusan terbaik,” jelas pria kelahiran Blora tersebut.

Karakter orang Blora, kata Yoga, menurut saya memang pintar-pintar. “Tapi mahasiswa asal Blora itu ya banyak yang galak, keras, kaku dan tidak mau dikritik,” tegas dia.

Saya mengakui, kata dia, kalau mahasiswa asal Blora itu vokal-vokal. "Di tiap lomba, saya sering menjumpai mahasiswa Blora. Bahkan, banyak mahasiswa asal Blora di Surabaya menjadi aktivis dan menjadi ketua di organisasi mahasiswa seperti UKM, organisasi ekstra seperti HMI, PMII, KAMMI dan sebagainya. Hal itu menurut saya sudah menjadi bukti kalau mahasiswa asal Blora memang cerdas, meskipun tidak semua," ujar dia.

Hal itu juga diakui Yudha Jayanti, sarjana pendidikan lulusan Unnes. Ia berpendapat, mahasiswa Blora yang kuliah di Semarang kebanyakan dikenal cerewet tapi cerdas-cerdas. “Mahasiswa Blora yang di Semarang banyak yang cerdas tapi ya cerewet,” ujar perempuan yang empat tahun kuliah di Semarang tersebut.

Namun, Yuda menyayangkan karena banyak mahasiswa Blora yang ketika lulus kuliah menetap di luar daerah. Akan tetapi hal itu tak bisa disalahkan, sulitnya mencari pekerjaan menjadi faktor para mahasiswa Blora menetap di luar daerah saat mereka lulus kuliah. (Laporan Khusus Harianblora.com).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Mahasiswa Blora di Luar Daerah Dikenal Cerewet Tapi Cerdas Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora