Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Natal dan Tahun Baru 2018.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Tuesday, 7 April 2015

Kisah Maling Gentiri, Robinhood dari Kabupaten Blora


Makam Maling Gentiri
Gentiri merupakan putera dari Kyai Ageng Pancuran. Semasa hidupnya, dia melihat penderitaan yang dirasakan orang-orang miskin. Akhirnya dia menggunakan ilmu kesaktiannya untuk mencuri harta dari rumah orang-orang kaya. 

Tetapi dia tidak menggunakan hasil curian itu untuk kepentingan dirinya sendiri, melainkan dibagikan kepada orang-orang miskin yang kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya,  dan orang-orang yang sedang mengalami kesusahan. Kisah Maling Gentiri hampir sama dengan apa yang dilakukan oleh Sunan Kalijaga dan Robinhood.

Selain dipanggil Maling Gentiri, dia juga mendapat julukan sebagai Ratu Adil karena berusaha membagi harta secara adil dan membantu rakyat miskin. Maling Gentiri menghentikan perbuatannya setelah sadar bahwa tindakan itu melanggar hukum.


Makam Maling Gentiri terletak di Desa Kawengan, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora. Makam Maling Gentiri mudah dijangkau dengan sepeda motor maupun mobil, bahkan kendaraan roda empat dapat masuk hingga mendekati makam karena tersedia jalan yang memadai di kompleks makam. (Red-HB13/Foto: PJ).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Kisah Maling Gentiri, Robinhood dari Kabupaten Blora Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora