Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Natal dan Tahun Baru 2018.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Monday, 6 April 2015

Warga Blora Nggadang Dami atau Menumpuk Jerami Menyambut Musim Kemarau



Blora, Harianblora.com – Bagi peternak sapi, saat musim kemarau adalah waktu yang susah mencari makanan untuk ternaknya, terutama ternak sapi. Maka untuk mengantisipasi hal itu, warga Blora menumpuk jerami menyambut musim kemarau pada tahun 2015 ini.


Menumpuk jerami, bagi warga Blora disebut nggadang dami atau menimbun jerami sebagai cadangan makanan ternak mereka. Salah satu warga Blora yang juga beternak sapi adalah Rumisih (53), ia terlihat sibuk menggulung jeraminya.

“Biasanya kalau mendekati Agustus ya persiapan nggadang dami”  ujar dia kepada Harianblora.com, Senin (6/4/2015) siang.

Menurut ibu dari 5 anak tersebut, nggadang sudah menjadi tradisi petani dan peternak sapi di Blora sejak dulu. “Biasanya dianjung, namun bagi yang tidak memiliki tempat ya ditumpuk di kandang,” jelas dia.

Budaya nggadang merupakan salah satu tradisi unik di Blora. Lain halnya dengan kabupaten lain seperti Kabupaten Pati, Kabupaten Rembang, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Jepara, Kabupaten Demak, nggadang menjadi tradisi mengawetkan sekaligus menabung makanan ternak.

Bagi peternak sapi yang memiliki jerami gadangan banyak akan santai ketika musim kemarau tiba. Namun jika tidak memiliki tabungan jerami, mereka akan kesusahan saat musim kemarau datang.
Biasanya, kata Rumisih, kalau musim kemarau mau gak mau sapi pasti doyan jerami gadangan. “Kan musim kemarau sulit mencari rumput di Blora,” tandas petani tersebut. (Red-HB24/Foto: Harianblora.com).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Warga Blora Nggadang Dami atau Menumpuk Jerami Menyambut Musim Kemarau Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora