Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Thursday, 16 April 2015

Situs Kradenan sebagai Refleksi Kabupaten Blora di Masa Pra-Aksara

Oleh : Ardinda Kartikaningtyas

Kecamatan Kradenan yang terletak di  Kabupaten Blora bagian selatan mengandung berbagai benda purbakala. Kradenan termasuk pula dalam bagian situs Ngandong. Beberapa di antaranya, terdapat di lahan milik KRPH Menden, BKPH Beren, dan KPH Randublatung. Di sekitar lokasi tersebut telah ditemukan beberapa benda yang kini menjadi cagar budaya. Seperti lapik arca, fragmen tulang manusia, fragmen tembikar, fragmen senjata besi (pisau), mata uang logam China (uang kepeng), terakota hias, fragmen bata, fosil tulang serta gigi fauna, fosil sisa-sisa rusa (Cervidae), kerbau (Bubalus palaekarabau), dan babi (Suidae).

Sedangkan fosil Stegodon elephas atau gajah purba mulai ditemukan sejak tim Paleoantropologis melakukan ekpedisinya pada tahun 1982. Tetapi bau pada penemuan beberapa waktu lalu (Februari-April 2009) berhasil menemukan fosil gajah purba yang relative lengkap. Saat ini fosil gajah purba tersebut berada di Museum Geologi Bandung. Selain gajah purba, ditemukan pula fragmen tulang Homo berbagai jenis fauna yang pernah hidup atau terendapkan di Situs Medalem, Kradenan.

Adapun temuan fauna yang ada di kabupaten Blora umumnya terdapat pada endapan teras dan pada Formasi Kabuh. Endapan teras terbentuk pada Kala Plestosen Atas (120.000 tahun lalu)sedang Formasi Kabuh terbentuk pada Kala Plestosen Tengah. (Moeljadi, 1977;1984)

Penemuan fosil gajah yang merupakan Stegodon sp. Seperti yang disimpan di Museum Mahameru (Blora) merupakan petunjuk bahwa sangat besar kemungkinan bahwa fosil yang ditemukan di wilayah Blora lebih tua dari Plestosen Atas. Seperti diketahui bahwa Stegodon sp. merupakan jenis fauna kelompok Fauna Trinil. Jenis fauna Trinil hidup di Plestosen Tengah. Kuat dugaan fosil hewan yang ditemukan di Blora berasal dari masa 400.000 - 200.000 tahun yang lalu.

Kabupaten Blora memiliki potensi keberadaan Benda Cagar Budaya yang sangat tinggi. Hal ini terbukti dengan ditemukannya banyak fosil peninggalan zaman pra-aksara. Potensi ini dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran sejarah yang menarik dimana siswa dapat secara langsung mengamati peninggalan masa lampau tersebut.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Situs Kradenan sebagai Refleksi Kabupaten Blora di Masa Pra-Aksara Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora